INI DIA BEBERAPA TRADISI UNIK LEBARAN YANG ADA DI INDONESIA


Untuk sebagian umat muslim, Lebaran dijadikan sebagai momen yang dinanti. Karena menandakan datangnya hari kemenangan. Di Indonesia, banyak kegiatan atau tradisi unik untuk mewarnai perayaan pesta kemenangan. Mau tau apa saja? Yuk kita simak!

1. MEMBUAT KETUPAT


Kurang lengkap rasanya jika perayaan hari lebaran tanpa ditemani dengan ketupat. Ya, makanan yang sudah menjadi tradisi untuk dijadikan sebagai hidangan saat Hari Raya sangat digemari masyarakat. Apalagi jika dilengkapi dengan menu yang beragam, seperti opor ayam, daging rendang, dsb. Ini bisa menjadi salah satu hidangan saat tamu datang silaturahmi kerumah.

2. TUKAR RANTANG KE TETANGGA


Untuk kalian yang tinggal di pedesaan, mungkin sudah tidak asing dengan tradisi unik yang satu ini, tukar rantang. Setiap menjelang hari lebaran, seperti biasa masyarakat muslim Indonesia khususnya; membuat makanan yang dibagikan oleh para tetangganya. Setelah diantar makanan, tetangga tsb ikut memberi makanan, yang intinya saling menukar untuk bisa saling menikmati hasil dari masakan rumah masing-masing. Namun kini mungkin sudah jarang kita temui tradisi tersebut saat ini. Hanya ada beberapa saja yang masih menjalankan.

3. MUDIK KE KAMPUNG HALAMAN


Tradisi yang sudah turun temurun ini menjadi iconic sebagai perayaan Hari Raya Lebaran. Pasalnya, setiap merayakan momen lebaran mudik menjadi ajang silaturahmi untuk menemui orang tua maupun keluarga tercinta dikampung halamannya. Karena tidak jarang masyarakat yang disibukkan dengan rutinitas pekerjaannya, jadi jarang bertemu sama orangtua. Ini yang dijadikan momentum tepat untuk menemui orangtua ber-sungkeman dan saling maaf memaafkan.

4. SUNGKEMAN 


Seperti yang sudah dikatakan diatas, sungkeman menjadi salah satu tradisi saat lebaran. Dengan adanya sungkem atau kita kenal jabat tangan orangtua dengan tujuan meminta maaf atas segala perbuatan yang telah kita lakukan, diharapkan bisa saling maaf memaafkan. Kembali ke suci seperti bayi yang baru lahir, karena Ridho Allah, Ridho nya orangtua juga. Indonesia budaya sopan santun sudah ada sejak jaman dulu, makanya itu tradisi sungkeman menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan saat lebaran.

5. SALAM TEMPEL (BAGI AMPLOP)


Bagi yang mempunyai keponakan atau menyukai anak kecil, pasti suka bagi-bagi amplop yang berisi lembaran uang kertas. kegiatan ini juga sudah menjadi tradisi khususnya di Indonesia, karena setiap menjelang lebaran selalu ada saja orang yang menukar uang rupiah untuk dijadikan pecahan misal 2000,5000,10000, sampai 20000. Dan biasanya anak-anak paling suka dengan pemberian ini karena selain dikemas dengan amplop yang unik, uangnya bisa dibelikan mainan untuk mengisi liburan mereka.

6. ZIARAH KE MAKAM


Didalam kehidupan ini ada yang bernyawa, dan bagi tiap-tiap makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan yang namanya kematian. Ziarah salah satunya, mengingatkan kita akan terjadinya kehidupan akhir, hidup didunia sebagai jembatan untuk bekal kita dihari akhir. Sudahkah kita mempersiapkan semuanya sampai hari tersebut datang? Selain berkunjung ke keluarga, kerabat, sahabat. Kita juga dianjurkan untuk mengunjungi keluarga atau sahabat yang sudah pergi mendahului kita meninggalkan kehidupan. Tidak ada yang abadi, karenanya lebaran dijadikan momen kembali, kembali fitrah, kembali suci dihadapan-Nya. Kita berharap setelah berpuasa satu bulan penuh kemarin, amalan kita diterima sama Allah SWT. Kita harus optimis kalau apa yang kita lakukan (untuk kebaikan) pasti Allah terima dengan baik. Mudah-mudahan Hari Raya dimaknai dengan khidmat, bukan sebagai perayaan pesta saja namun dijadikan momentum perbaikan diri agar menjadi manusia yang berperilaku (Akhlak) baik. Aamiin.

Itu dia beberapa tradisi unik lebaran yang ada di indonesia, SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN. MOHON MAAF LAHIR & BATHIN 😇

Post a Comment

0 Comments