MENGENAL PARA TOKOH SENIMAN BETAWI

"Hallo ncang, ncing, enyak, babeh. Gimane kabarnye, pade sehat pan?" sekilas itulah gambaran sapaan khas orang betawi. Dengan gaya bicaranya yang terkenal "cablak", terkadang membuat lucu atau bahkan ikut menirunya. Namun ada yang masih kenalkah dengan para tokoh seniman betawi, yang sampai saat ini masih ada beberapa yang tetap eksis. Yuk kita kenalan dengan beberapa tokoh tersebut, biar tahu seperti apa sih budaya betawi itu; mengenal karakteristik orang betawi. Dan siapa tahu jodohnya orang betawi. Hehe.

1. (ALM.) PAK TILE


Seniman betawi yang memiliki nama asli H. Enun Tile ini lahir di Jakarta tahun 1933 wah sepertinya kakek kita sendiripun belum lahir ya. 😀 beliau berprofesi sebagai pelawak dan lenong betawi. Dan nama "Pak Tile" terkenal luas oleh masyarakat berkat main film "Si Doel Anak Sekolahan" berperan sebagai kakek nya Doel, bukan film si Doel saja yang diperankan, banyak beberapa film yang ia perankan dalam industri perfilman Indonesia pada masanya. Ini dia cuplikan dari film Si Doel Anak Sekolahan.

"Kagak percuma ya harta banda gua pada abis, yang penting lu bisa jadi sarjana." -Pak Tile

Walaupun seorang seniman, namun kehidupan Pak Tile sederhana. Beliau meninggal pada tahun 1998 diusianya 65 tahun. Tapi kenangannya tetap teringat sampai sekarang, bagaimana beliau telah menghibur masyarakat tanah air.


2. (ALM.) BENYAMIN SUEB


"Eh hujan gerimis aje, ikan bawal diasinin. Eh jangan menangis aje, bulan syawal mau dikawinin." 
 
Bagian lirik yang pernah dibawakan oleh Benyamin Sueb. Yang akrab disapa bang ben ini mempunyai bakat di bidang seni, yakni sutradara, penyanyi, pelawak, sekaligus pemain film. Seniman multitalenta asal betawi menunjukan kemampuannya dalam berakting salah satunya masih di film yang sama yaitu Si Doel Anak Sekolahan. Kali ini beliau memerankan sebagai Ayahnya Si Doel (Rano Karno), film yang populer tahun 90'an itu membawa penghargaan dalam perfilman. Ini dia beberapa cuplikan film Si Doel yang diperankan oleh Benyamin.


Babeh Sabeni: "Lu sekarang kagak kekampus doel?"
Si Doel: "lagi kagak ada kelas beh, hari ini."
Babeh: "Lah pegimane ceritanye, emang kelas lu kemana?"
Doel: "Maksudnya hari ini dosennya lagi kagak ngajar beh, bukan kelasnya dipindahin."
Babeh: "wah enak banget tuh si dosen. Siapa sih tuh namanya dosen, rumahnya dimana emang?"
Doel: "beh, kalo udah mahasiswa; guru itu dipanggilnya dosen, bukan nama gurunya dosen. Lagian kan dia ngajarnya kagak dikampus doel aja, tapi kampus laen juga ngajar. "

(Nahan tawa) ~

Youtube   
  
Ya kalau kita menonton langsung tayangannya mungkin tidak bisa menahan tawa, gimana lucunya celotehan babehnya si doel yang selalu ngomelin dirinya. Tapi siapa sangka, bahwa dari omelannya tersebut, kini bisa jadi kenyataan di dunia aslinya. Berawal dari cerita film, Doel yang diperankan oleh Rano Karno kini menjadi seorang Gubernur. Berikut cuplikan filmnya.


"Eh Doel, makanya gua sekolahin lu biar pinter, jangan bodoh kayak gua. Jangan cuma jadi sopir oplet aja lu. Jadi Gubernur dong, gitu!" itu dia kira-kira cuplikan kata-kata dari babehnya si doel hingga akhirnya ia menjabat menjadi seorang gubernur dikehidupan nyata.
Tokoh yang pernah berduet dengan Ida royani, membuat lagu yang cukup terkenal. Filmnya pun tak kalah menarik, ada sekitar 53 judul film yang pernah ia perankan semasa hidupnya.
Beliau meninggal pada tahun 1995, namun karyanya masih tersimpan di hati penggemarnya.

3. (ALMH.) MPOK NORI


Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik jelita yang satu ini. Ya Mpok Nori, seniman yang terkenal dengan suara khas nya yang merdu (red: cempreng)  itu membuat para pecinta lenong betawi senang tiap kali melihat dia tampil maupun manggung. Meskipun usianya yang terbilang tidak muda lagi, Namun siapa yang tahu jiwa dimilikinya tetap bak masih remaja istilah kerennya generasi millenial 😄 seniman yang kerap tampil bersama pelawak terkenal lainnya ini suka mengundang gelak tawa dengan aksinya yang suka tak diduga.

Beliau pun sering tampil mengisi didunia perfilman Indonesia. Gadis kelahiran Jakarta tahun 1930 ini sudah melalang buana di industri hiburan tanah air, selain sebagai pelawak mpok nori pun jago silat. Jadi jangan main-main, apalagi main perasaan kalau kalian tidak mau dibanting. Becanda ya 😆


Artis yang senang disandingkan dengan girlband indonesia suka sekali narsis. Ini salah satu pose favoritnya.


Cukup photogenic bukan? Mirip dengan gadis sampul. Namun sayangnya kini beliau sudah meninggalkan dunia mendahulukan kita, mpok nori meninggal pada tahun 2015 dengan kenangan yang tak bisa dilupakan.

4. OMASWATI


Ini dia penerus mpok nori, ada mpok omas. Omaswati adalah seorang seniman betawi adik kandung dari yang juga seorang pelawak Mandra. Lahir di Jakarta tahun 1966, mengawali karirnya dengan ikut lenong betawi. Selain profesinya sebagai pelawak, ia juga sering ikut main sinetron indonesia. Salah satunya adalah Upik Abu dan Laura. 



5. MANDRA


Mandra yang terkenal lewat filmnya Si Doel Anak Sekolahan. Lahir tahun 1964 mengawali karir sama seperti adiknya omas di lenong betawi, dari remaja ia sudah ikut bergabung di lenong setia pimpinan H. Bokir, setelah sukses ia mendirikan rumah produksi yang ia beri nama Viandra Production. 

Ini foto saat ia berperan di film Si Doel.


6. MALIH


H. Malih lahir tahun 1960. Seorang seniman betawi yang berprofesi sebagai pelawak, pemain film. Sekarang beliau masih suka aktif mengisi acara televisi bersama kawan lama nya yaitu H. Bolot di salah satu stasiun televisi.


Itu dia aksi konyolnya bersama H. Bolot dalam menghibur masyarakat Indonesia.

7. BOLOT


H. Bolot memiliki nama asli Muhammad Sulaeman, mengawali karir dengan mengikuti lenong betawi. Dalam setiap lawakannya ia hanya bisa mendengar kata uang dan wanita. Lahir pada tahun 1942, ini sudah tampil di beberapa televisi Indonesia.


Bersama rekannya H. Malih, beliau kerap tampil mengisi acara televisi. Seniman betawi masih ada beberapa yang aktif sampai saat ini, banyak candaan yang sering mengisi di dunia hiburan tanah air. Maka dari itu, budaya kesenian betawi mesti harus tetap dijaga jangan sampai hilang begitu saja. Karena banyak orang yang mengawali karir dengan menghibur orang lain salah satunya menjadi seorang seniman.


Itu dia beberapa tokoh seniman betawi yang terkenal di dunia jagad hiburan tanah air. Sesekali kita perlu merefleksikan diri dengan canda tawa, kadang hidup hanya cukup kita tertawakan jika tak sesuai dengan harapan. Yang terpenting jangan kebablasan saja anda tertawanya, karena bisa jadi nanti yang ada anda malah di angkut ke penampungan orang sakit. Hehe intermezzo ya 😉



Post a Comment

0 Comments