Explore Karawang: Curug Cipanunda

Berawal dari pertemuan saya dengan seorang teman bacpacker di salah satu audisi tour leader, akhirnya saya mencoba ikut bergabung di sebuah komunitas yang berasal dari daerahnya yaitu komunitas backpacker karawang.

doc. pribadi

Sebelumnya saya memang belum pernah mengunjungi daerah karawang, paling tidak ya hanya melewati saja saat pulang ke kampung halaman di purwakarta. selebihnya saya belum tahu destinasi apa saja yang ada di daerah penghasil beras (kota padi) ini.

doc. pribadi

Kebetulan saya memiliki hobi yang sama, yakni suka jalan-jalan atau istilah kekiniannya adalah backpacker. Ya sudah saya putuskan untuk ikut acara dari komunitasnya yaitu Weekday Trip, yang dimana tujuannya kali ini ialah ke salah satu curug yang berlokasi di daerah karawang namanya Curug Cipanunda. Saya berangkat dari rumah sekitar jam 5.10 tiba terminal kampung rambutan dengan menggunakan bus antarkota.

doc. pribadi

Perjalanan yang membutuhkan kesabaran, karena kali ini harus dihadapkan dengan kemacetan, entah sebab apa yang membuat jalanan di tol ini macet parah hingga saya telat tiba di lokasi base camp. Untung teman saya ini lebih sabar dari kondisi macet yang saya alami, jadi saya bisa tetap ikut trip nya. Hehee. Saya tiba di pintu tol exit karawang barat, bertemu teman-teman saya yang sudah menunggu lama dari tadi. Tanpa perlu banyak waktu lagi akhirnya saya dengan teman-teman lainnya melanjutkan perjalanan untuk ke destinasi awal yaitu Curug Cipanunda.

doc. pribadi

Kita berpetualang dengan menggunakan kendaraan roda 2 untuk mencapai Curug Cipanunda. Namun tidak sampai air terjunnya, hanya diluar areanya saja. Selebihnya untuk sampai sana kita mendaki. Yeah, hiking!

doc. pribadi

Sangat membutuhkan tenaga serta perjuangan untuk mencapai air terjunnya. Kebetulan karena baru pertama kali perjalanan jauh dan juga jarang berolahraga, olahraga hanya seminggu sekali itupun kalau ingat. Jadi saya lebih banyak transit dibanding teman-teman yang lainnya. Memang nge-repotin!

doc. pribadi

Sesekali, saya duduk terdampar untuk mengumpulkan oksigen di dalam tubuh. Kalau ikut marathon mungkin saya hanya muncul di garis start, tidak sampai finish. Ya namanya juga baru permulaan iya kan? besok-besok mungkin terbiasa. #caraefektifbuatngeles.


doc. pribadi

Sampai-sampai saya dibekali tongkat dari cimande, dengan harapan saya akan sampai air terjun lebih duluan. Namun nyatanya tidak juga, tetap saja saya kehabisan bahan bakar (energi). Saya harus kuat, karena ada tujuan yang ingin ditempuh. *Ciaelah

doc. pribadi

Teman-teman menyerukan pada saya "You're the winner, You Can Do It." (dalam mimpi saya.) Ini benar-benar petualangan yang sangat seru. Apalagi perdana buat saya, yang belum terbiasa hiking lalu tiba-tiba langsung mendaki selevel everest menurut saya lho. Saya tanamkan dalam diri kalau akan ada kebahagiaan setelah proses panjang ini, saya pinjam kata teman "Bahagia Itu Proses". It's really? Let's see us.

doc. pribadi

Ini baru kilas pemandangan di sekelilingnya saja, lalu bagaimana dengan curugnya itu? Pasti penasaran kaan?

doc. pribadi

doc. pribadi

Setelah melakukan perjalanan panjang akhirnya sampai juga ke destinasi yang diimpikan.

doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi

Memang benar usaha tak pernah mengkhianati hasil. Seperti saat ke Curug Cipanunda ini semua lelah terbayarkan dan nyawa saya pun kembali terkumpul di tempat ini. Wow marvelous!.

Karawang tidak hanya mempunyai kawasan industri atau penghasil padi saja, namun ada berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi. Hamparan semesta nya yang terbentang begitu luas, juga udara yang masih sejuk terkhusus wisata alam.

doc. pribadi

Sebelum mengakhiri perjalanan, teman-teman backpacker ber-wefian dulu untuk mengabadikan momen yang mengesankan. Saya sangat berterima kasih pada komunitas backpacker karawang khususnya teman saya yang mereferensikan, karena bisa bergabung di komunitas ini, ternyata masih banyak daerah yang belum diketahui untuk berekreasi maupun menjelajahi alam. Thank's team BPK.

doc. pribadi

Semoga saya diberi kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi tiap jalan yang curam dan terjal. #JanganSerius.

Intinya siapkan fisik yang kuat, untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam traveling mu. #Cuitcuit.

doc. pribadi

Saatnya kembali ke Jakarta. Sampai bertemu di perjalanan traveling selanjutnya.

doc. pribadi

Sedikit informasi, telah diberitahukan oleh panitia ied adha bahwa ada seekor kambing yang telah lolos qurban. Bagi yang menemukan, bisa dibawa ke masjid terdekat. #JustKidding 😁