MIRACLE OF DHUHA

Disaat kita mendapat kesulitan, menghadapi ujian. Tentunya yang pertama kali diri kita lakukan adalah berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Lalu apa saja usaha ataupun cara-cara agar dapat keluar maupun menyelesaikan permasalahan tersebut? Apakah hanya mengandalkan diri sendiri saja? Tidakkah kita mencoba untuk meminta pertolongan pada Yang Maha?

 Doc. Pribadi

Kita seringkali merasa sudah melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan tiap masalah yang kita hadapi, namun hasilnya selalu saja gagal. Tidak menemukan solusi, ataupun jalan keluarnya. Padahal ada satu cara yang menurut saya mungkin juga oranglain yang sudah pernah melakukannya, yaitu beribadah. Ibadah yang seperti apa? Yakni Shalat Dhuha, tanpa kita sadari shalat sunnah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk diri kita khususnya, yang ingin mendapatkan rezeki atau keinginan lainnya. Lebih tepatnya, didalam shalat ini kita bisa memohon pada Allah agar mau mengabulkan segala hajat (keperluan) diri kita.

Photo Credit By: bersamadakwah.net

Salah satu shalat sunnah yang dilakukan saat pagi hari ini idealnya dilakukan pada jam 7 sampai batas waktu sebelum shalat dzuhur, tepatnya 15 menit sebelum adzan dzuhur. Shalat dhuha masih bisa dilaksanakan. Apa yang kita harapkan dari ibadah ini? Terutama pastikan perbaiki dahulu niat kita, sucikan diri kita bukan semata-mata hanya karena sebuah keinginan saja kita melakukan shalat dhuha ini. Namun, kita memang sedang meminta ampun pada Allah atas perbuatan kita selama berada di dunia ini. Tidak ada makhluk yang sempurna, bahkan jin saja meminta ampun pada Allah SWT. Apalagi diri kita sebagai manusia yang diciptakan sempurna oleh Allah SWT. Jangan pernah merasa diri kita "lebih" dari yang lain.

"Dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (Q.S Adz-Dzariyat : 56)


Photo Credit By: topik-islam.blogspot.co.id

Setelah kita meminta ampun pada-Nya, barulah kita memohon agar diberikan kemudahan serta kelapangan dalam hidup. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah akan selalu mendengarkan tiap doa dari para hamba-Nya. Ceritakan semua persoalan hidup yang sedang kita hadapi diatas terbentangnya sajadah. Kita bercerita sekaligus mengadu pada Sang pemberi nafas dalam hidup kita. Kesalahan apa saja yang dahulu pernah kita perbuat yang mungkin menghalangi jalan kita untuk mencapai sebuah keinginan. Meminta maaf dengan tulus tidak ada niatan apapun, selain mendapat ampunan dari-Nya. Dengan begitu kita merasa lebih lapang menjalani tiap waktu. Rileks menghadapi kejadian apapun. Tidak lupa berdoa:

رَبِّ اشْرَحْ لِىْ صَدْرِىْ وَيَسِّرْلِىْ اَمْرِىْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِىْ يَفْقَهُوْاقَوْلِى

"Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataan ku." (Q.S Thaha : 25-28)

Photo Credit By: paijo.web.id

Sebenarnya tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Semua sudah disediakan penyelesaiannya, tergantung usaha diri kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. selain doa yang ditulis, adapun doa yang perlu kita baca setelah selesai shalat dhuha, yaitu doa shalat dhuha tujuannya agar diberi kemudahan dalam urusan hidup kita. Berikut arti dari doa shalat dhuha:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, Keagungan adalah Keagungan-Mu, Keindahan adalah Keindahan-Mu, Kekuatan adalah Kekuatan-Mu, Penjagaan adalah Penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada diatas langit maka turunkanlah, apabila berada didalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang shaleh."

 Photo Credit By: hidupsimpel.com

Jika semua nya itu sudah dilakukan, tinggal berserah pada-Nya. Karena apapun yang menjadi keinginan kita, kembali lagi pada ketentuan dari Yang Maha Kuasa. berharaplah pada pemberi seluruh pengharapan. Manusia wajib berusaha, namun berhasil atau tidaknya Allah yang menentukan. Dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari rezeki kita yaitu dengan bersedekah. Kita tak pernah tahu, dari doa yang mana permohonan kita dikabulkan oleh Allah. Mungkin saja dari orang yang pernah kita bantu. InsyaAllah, orang-orang yang selalu menolong orang lain dengan ikhlas tanpa mengharap sesuatu, hidupnya dimudahkan oleh Allah SWT.

Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa atas Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S Az-Zumar : 53)

Demikian Miracle Of Dhuha, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi yang ingin memperoleh suatu hajat (keinginan).

Post a Comment

0 Comments