INTERPRETASI SEBUAH FILM, BUKU, DAN LAGU

Banyak kisah yang dialami seseorang akhirnya dijadikan sebuah film, buku, ataupun lagu. Bermodalkan dari pengalaman pribadi maupun orang sekitar, kisah ceritanya mampu mempengaruhi atau menginspirasi orang lain. Saya ingin membahas pengetahuan saya tentang beberapa film, buku, dan lagu. Mungkin ada yang mau menambahkan, jika ada yang kurang informasinya. Oke, langsung saja kita simak!

1. FILM CHILDREN OF HEAVEN, 1997


Film buatan tahun 1997 ini cukup menarik perhatian, pasalnya film yang menceritakan seorang anak yang ingin memiliki sebuah sepatu. Suatu hari, ali sedang men-sol sepatu adiknya, sepatu yang sudah tidak layak namun karena keadaan orangtua yang sederhana, jadi masih tetap dipakai. tapi siapa yang menyangka sepatu yang dikira sudah tidak terpakai oleh pemulung itu malah diambil. Akhirnya Ali menjanjikan kepada adiknya sepatu baru tujuannya agar kejadian ini tidak perlu diberitahu ayahnya, karena takut dimarahi ayahnya. Singkat cerita, ali ditawarkan guru olahraganya untuk mengikuti perlombaan lari, akhirnya ia pun ikut. Berharap juara III karena akan mendapatkan hadiah sepatu, agar bisa ia beri kepada adiknya. Saat perlombaan tiba, ia mencoba melambatkan larinya karena ia sangat mengharapkan hadiah sepatunya. Namun kenyataannya ia malah juara pertama, dan hadiahnya bukan sepatu. Di lain tempat pada waktu yang sama, ali melihat ayahnya membawa bungkusan; membelikan sepatu untuk anaknya, tapi ketika ali tiba dirumah ia tidak mengatakan apa-apa pada adiknya. Ia langsung memasukan kakinya yang keadaan terkelupas kedalam kolam ikan yang berada didepan kontrakannya, ajaibnya ikan tersebut langsung mengerubungi kakinya. 

Note: Begitu harunya kisah tersebut, bagaimana perjuangan seorang kakak untuk membahagiakan adik serta orangtuanya. Film produksi Iran arahan sutradara Majid Majidi, 1997.

2. BUKU LASKAR PELANGI, 2005


Sebuah Novel karya Andrea Hirata ini menginspirasi anak Indonesia. Karena berapa banyak anak Indonesia yang putus pendidikannya, namun memiliki semangat juang yang tinggi untuk meraih cita-citanya. Ini dia beberapa kutipan yang bisa kita pahami maknanya. 

"Hiduplah untuk memberi yang sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima yang sebanyak-banyaknya." - Pak Harfan


"Pesimistik tidak lebih dari sikap takabur mendahului nasib."

3. FILM ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI, 2010


Film karya sutradara Deddy Mizwar, menceritakan tentang sekelumitnya keadaan negeri ini. Yang merupakan potret kenyataan bangsa kita, berawal dari kisah Muluk yang diperankan oleh Reza Rahardian; seorang sarjana lulusan S1 tapi belum bekerja juga selama 2 tahun, namun ia tidak putus asa begitu saja, pertemuannya dengan komet malah membuka peluang baru yaitu 'copet'. Dibawalah Muluk kemarkasnya untuk diperkenalkan pada bos Komet yaitu Jarot (Tio Pakusadewo). Siapa sangka pertemuannya membuat kesepakatan, ia (Muluk) meyakinkan Jarot bahwa dirinya bisa mengelola uang hasil copetnya dengan meminta imbalan 10%, sudah termasuk biaya mendidik mereka. Namun disisi lain, hati Muluk pun tergerak memikirkan bagaimana caranya agar pencopet itu mau mengubah profesinya. Akhirnya dibantu 2 rekannya, Muluk bersama temannya membagi tugas untuk mengajarkan pendidikan agama, moral (budi pekerti), dan kewarganegaraan. Salah satu kutipannya: 

"Kalian bergantung sama pengemis dan pengasong, tapi tidak terganggu dengan koruptor yang memiskinkan kalian." -Muluk

"kalau koruptor duitnya banyak, mereka keluar dari penjara duitnya tetap banyak. Kenapa? Karena mereka sekolah, Lu kan enggak sekolah, lu enggak punya harapan." -Jarot

Note: diakhir cerita, penonton sendirilah yang akan menyadari bahwa alangkah tidak lucunya negeri ini. 

4. BUKU MIMPI SEJUTA DOLAR, 2011


Buku yang juga dijadikan sebuah film ini dibintangi oleh Aktris Chelsea Islan. Sebuah kisah wanita yang memperjuangkan cita-citanya untuk menjadi orang yang sukses, buku ini kisah asli dari motivator wanita Indonesia yaitu Merry Riana yang kini sudah mencapai kesuksesannya saat usia 26 tahun. Di buku ini ia menceritakan pengalaman hidupnya tentang bagaimana perjuangannya untuk mencapai hasil yang diraih saat ini. Berikut kutipan novelnya:

"Manusia boleh merentangkan harapan sebesar-besarnya, untuk mencapai kehidupan yang lebih baik."

"Aku harus mengatakan bahwa tiada sukses yang tidak diwarnai kegagalan."

5. FILM CEWEK GOKIL, 2011


Ini salah satu film favorit saya karena film ini hampir mirip dengan kisah hidup saya. Berkisah tentang keke yang diperankan oleh Velove Vexia, gadis remaja yang mempunyai ide gokil serta mimpi gilanya. Keke yang hanya tamatan SMA, bercita-cita mempunyai mini cooper. Nah, bagaimana caranya ia bisa mendapatkan uang sebesar 30 juta untuk membelikan mobil yang dihadiahkan buat ibunya. Sekilas tidak mungkin, tapi ia bisa mengumpulkan uang tersebut dengan beberapa usaha yang ia lakoni. 


Mulai dari ngajar les privat, agen MLM, sampai menjadi sales promotion untuk perusahaan properti. Hingga pada akhirnya dibantu oleh sahabat jadi cintanya, Doni diperankan oleh Syailendra Soepomo. Film karya Rizal Mantovani ini sebenarnya dibuat tahun 2008, namun baru dirilis pada tahun 2011. 

Note: Apapun impian kita, kita harus bisa memperjuangkannya. 

6. LAGU I WON'T GIVE UP, JASON MRAZ 2012


Jason Mraz, penyanyi yang terkenal lewat lagunya i'm yours ini banyak menciptakan lagu yang cukup populer, salah satunya lagu I Won't Give Up dengan liriknya yang "I won't give up on us, even if the skies get rough. I'm giving you all my love, I'm still looking up." 

Saya menginterpretasikan bahwa kita tidak boleh menyerah dalam hal apapun; entah itu percintaan, impian, dsb. Kita pasti bisa melewati setiap rintangannya jika kita sungguh-sungguh menjalaninya. 

7. LAGU BRAVE, JOSH GROBAN 2013


Selain pantang menyerah kita juga harus mempunyai keberanian untuk meraihnya. Seperti yang dinyanyikan musisi satu ini "Wake Up, Wake Up, the sun cannot wait for long. Reach out, reach out before it fades away. You will find the warmth when you surrender, smile into the fear and let it play."

Walau kadang kita terlelah dan hampir mau menyerah, yakinlah bahwa kamu hanya butuh waktu sedikit lagi untuk perjuangkan mimpi agar tercapai. 

"When you stand up, and hold out your hand. In the face of what I don't understand. My reason to be brave."

Itulah interpretasi film, buku, dan lagu yang bisa saya bagikan. Banyak kejadian hidup yang harus diperjuangkan dan juga diikhlaskan. Seperti yang ditulis sebelumnya kita mungkin tak bisa mengubah Takdir, namun kita masih bisa memperjuangkan serta mengubah Nasib kita sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sekian dari saya, barangkali ada yang mau menambahkan. Haturnuhun. 

Post a Comment

0 Comments