RUMAH PRODUKSI FILM ANIMASI TERKENAL

Mungkin kalian pernah ataupun sering menonton film animasi. Film yang didominasi oleh penggemar anak-anak ini biasanya menceritakan tentang fiksi atau dongeng. Nah kali ini saya ingin membahas tentang perusahaan atau rumah produksi dari film animasi. Ada apa saja, yuk langsung saja kita simak!


1. WALT DISNEY STUDIOS


Perusahaan film animasi yang dimiliki oleh The Walt Disney Company didirikan pada tahun 1953 sebagai Buena Vista Film Distribution Film. Perusahaan yang menangani pemasaran, promosi, dan distribusi ke bioskop untuk film yang diproduksi dan dirilis oleh Walt Disney Studios, termasuk Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios, Pixar Animation Studios, dsb. Namun kini divisi tersebut memakai namanya yang sekarang sejak akhir tahun 2007. Yang dimana sebelumnya bernama Buena Vista Pictures Distribution sejak 1987.


Film-film Disney sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Disney juga merupakan salah satu perusahaan industri film animasi tertua di dunia, sejak tahun 1921 yang didirikan dengan memakai namanya sendiri yaitu Walt Disney. Sudah ratusan film animasi yang diproduksi dari rumah produksi ini dan banyak diantaranya yang sukses serta populer. Mulai dari era film kartun klasik hingga modern, dari film tradisional 2D hingga film animasi 3D komputer. Walt Disney sudah melalui beberapa tahap dalam dunia animasi, hingga tidak diragukan lagi menjadi studio animasi terbaik sampai saat ini.

2. PIXAR


Perusahaan ini terkenal untuk film animasi CGI-nya yang dibuat dengan RenderMan fotorealistik, implementasi sendiri dari RenderMan pemograman aplikasi gambar render standar industri. Pixar dimulai pada tahun 1979, sebagai divisi grafis bagian dari divisi komputer Lucasfilm sebelumnya spin-out sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1986 dengan dana oleh Steve Jobs pemilik Apple Inc. The Walt Disney Company membeli Pixar pada tahun 2006 sebesar 7,4 Miliar Dollar merupakan transaksi yang membuat pemegang saham terbesar Jobs Disney dan saat ini berkembang menjadi studio animasi terbaik.


Adapun film animasi yang diproduksi adalah Toy Story (1995), Life A Bug (1998), Toy Story 2 (1999), Monsters Inc (2001), Finding Nemo (2003), dan masih banyak lagi.

3. WARNER BROS.



Warner Bros. Entertainment Inc. (atau dikenal dengan Warner Bros. Pictures, Warner Bros, bentuk formalnya Warner Brothers) merupakan salah satu perusahaan film dan televisi terbesar didunia. Bermarkas di Burbank, California, Amerika Serikat. Warner Bros memiliki beberapa anak perusahaan diantaranya Warner Bros. Studios, Warner Bros. Pictures, Warner Bros. Animation, Warner Home Video, dan DC Comics serta memiliki separuh saham jaringan televisi The CW.



Rumah Produksi yang didirikan pada tahun 1918, Warner Bros. adalah studio film Amerika ketiga tertua yang masih beroperasi. Dan untuk Warner Bros. Animation sendiri didirikan pada tahun 1980 untuk menggantikan Warner Bros. Cartoons. Kalau kalian tahu kartun nya yakni seperti Looney Toons, Super-Man, Batman. Nah kini film dari DC Comics ada Batman, Super-Man, Justice League, Wonder Woman, dsb.

4. MARVEL


Marvel terkenal berkat film karakter-karakter komik populernya seperti Captain America, Spider-Man, Iron Man, Doctor Strange, Thor, dsb. Selain itu Marvel juga memiliki situs wikinya sendiri. Situs yang didirikan pada tahun 2006 dan memuat berbagai informasi dalam jagad Marvel. Pada tahun 2009, The Walt Dsiney Company menyatakan sepakat untuk membeli Marvel Entertainment Sebesar 4 Miliar Dollar dalam bentuk saham dan uang tunai. Dengan demikian pemilik Disney berhak atas karakter komik seperti Spider-Man, X-Men, dan Iron Man.


Film Animasi yang diproduksi oleh Marvel diantaranya The Spectacular Spider-Man, Wolverine and The X-Men, The Avengers: Earth's Mighties Heroes, Guardians of the Galaxy dan masih banyak lagi.  


5. DREAMWORKS



DreamWorks Animation L.L.C atau biasa kita kenal dengan DreamWorks Animation adalah studio animasi Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan dari Universal Studios. Perusahaan ini berpusat di Glendale, California, US. Dan telah memproduksi berbagai film cerita animasi, program televisi, dan game virtual online. Saat ini rumah produksi DreamWorks telah merilis 35 film cerita, termasuk waralaba Shrek, Madagascar, Kung Fu Panda, Trolls, dan The Boss Baby. NBC Universal mengakuisisi DreamWorks Animation sebesar 3,8 Miliar Dollar, menjadikannya sebuah divisi dari Universal Filmed Entertainment Group.

The Boss Baby Salah Satu Film Animasi Produksi DreamWorks digm.drexel.edu

Film-film produksi DreamWorks Animation sebelumnya didistribusikan ke seluruh dunia oleh studio utama DreamWorks dari tahun 1998 sampai 2005, Paramount Pictures dari tahun 2006 sampai 2012, dan 20th Century Fox dari tahun 2013 sampai 2017. Universal Studios akan mendistribusikan film -film DreamWorks Animation berikutnya, pada tanggal 1 Maret 2019 dengan perilisan How to Train Your Dragon 3.


Itu dia beberapa rumah produksi Film Animasi yang terkenal. Film Animasi memang didominasi oleh penggemar anak-anak, namun orang dewasa pun ada sebagian yang suka dengan filmnya seperti saya. Baiklah mungkin ada yang mau menambahkan? Bisa berkomentar dibawah ini ya. Terima kasih.

“Our fate lives within us. You only have to be brave enough to see it” ãƒ¼ Merida (Brave)

Post a Comment

0 Comments