SIBERKREASI NETIZEN FAIR 2017

Sabtu kemarin ada sebuah event yang menarik bagi para kaum millenial yaitu Siberkreasi Netizen Fair 2017, sebuah acara yang diadakan untuk memerangi berita ataupun informasi hoax dan berbagai kontent negatif lainnya. Acaranya berlangsung di JiExpo Kemayoran pada tanggal 27-28 Oktober 2017. Mau tahu keseruan apa saja yang berlangsung disana? Yuk check this out!

  doc. pribadi

Siberkreasi merupakan sebuah gerakan nasional untuk menanggulangi penyebaran berita hoax maupun kontent negatif di dunia digital.

instagram

Event yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 2017 ini bertujuan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan pada hari sabtu. Selain itu dalam acara ini juga menghadirkan berbagai musisi indonesia juga para artis tanah air untuk memeriahkan serta memberikan sharingnya selama acara berlangsung.

instagram

Dan saya berkesempatan untuk menghadiri acaranya pada weekend sabtu kemarin, saya ingin bertemu dengan idola saya yaitu mbak Najwa Shihab. Sudah lama sekali saya ingin bertemu langsung serta foto bersama, dan kali ini akhirnya saya berkesempatan juga untuk bertemu secara live. Kebetulan mbak Najwa mengisi acara pada sesi @DigiTalk yang membahas tentang Indonesia raya di jagat maya. Apa sih itu Indonesia raya di jagat maya? kemarin mbak Najwa membahas tentang berita ataupun kontent yang ada di internet atau istilah kerennya dunia maya. Mbak Najwa mengatakan kalau kita sebagai warganet (netizen) harus bisa memilah-milah mana informasi yang real atau mana yang belum tahu pasti kebenarannya (akurat). Dan ia juga menyampaikan kalau kita memang belum mengetahui kebenaran informasinya, itu cukup berhenti di kita saja informasinya. Jangan ikut menyebarluaskan dengan begitu kita dapat menyaring lebih dahulu mana informasi yang memang layak untuk dibagikan (di share). Setelah itu ia berpesan pada anak muda khususnya generasi millenial, untuk lebih suka membaca. Selain menjadi seorang jurnalis, ia juga dinobatkan sebagai Duta Baca Indonesia. Maka dari itu mbak Najwa mengajak anak muda Indonesia untuk lebih rajin-rajin membaca. Ia mengatakan untuk membaca sebuah buku, tidak harus yang bertemakan pengetahuan saja. Bisa baca buku nonfiksi, novel misalnya. Karena selama ini menurutnya kita ini hanya belajar menghafal, tidak untuk memiliki daya berfikir yang kritis. Makanya disarankan untuk lebih banyak membaca agar melatih diri kita untuk menganalisa ataupun mengasah daya fikir kritis. Apa kegunaan daya berfikir kritis? Mungkin bagi sebagian orang; orang yang berfikir kritis itu mengganggu karena terlalu banyak bertanya, atau banyak ingin tahu. Namun justru dengan rasa keinginan tahuan kita terhadap sesuatu itu akan menelurkan sebuah inovasi baru untuk menciptakan hal yang baru tentunya. Rajin-rajinlah membaca minimal 1 bulan 1 buku, nanti berikutnya seperti itu 2 bulan 2 buku. Dengan begitu akan mengurangi rasa kantuk. Orang yang sering membaca buku akan memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tepatnya tidak cepat ngantuk. Jadi sudah siapkah untuk membaca buku tiap hari? Mari dibiasakan ya.

doc. pribadi

Selain mbak Najwa ada pembicara lainnya yaitu bapak Anang Latif, yang merupakan Dirut BP3TI. Ada yang tahu tentang BP3TI? BP3TI merupakan sebuah badan yang menangani penyediaan serta pengelolaan pembiayaan telekomunikasi dan informatika. Sekilas mengenai profilnya, bapak Anang tidak hanya berkiprah di dalam negeri. Namun ia juga pernah menjabat sebagai Chairman of Special Task Force on Digital TV Implementation between Indonesia, Malaysia, and Singapore pada tahun 2009-2011. Dan juga Member of ASEAN Digital Broadcasting di tahun 2009 hingga sekarang. Beliau mengatakan bahwa Internet di Indonesia belum dijangkau oleh semua masyarakat sampai ke pelosok desa. Kalian tahu berapa jumlah seluruh desa yang ada di Indonesia? 4000 desa. Ya, saya juga baru tahu. Nah, dalam 4000 desa tersebut tidak semua orang yang dapat menikmati akses internet. Maka dari itu dibutuhkan kerja sama dari pihak terkait, misal perusahaan provider yang ada di Indonesia. Seperti yang diketahui kalau pada zaman dahulu kala, kita memiliki 2 provider yang mencakup jaringan telekomunikasi Indonesia yaitu Telkom dan Indosat. Namun berhubung perekonomian Indonesia pada saat itu memburuk, jadi dengan terpaksa Indosat dijual ke negara tetangga. Dan kini tinggal 1 provider saja yang dimiliki Indonesia. Lalu bagaimana cara membangun koneksi internet di pelosok desa? Sedangkan provider saat ini lebih memfokuskan pada profit oriented. Nah, maka dari itu dibutuhkan kerjasama dari para provider yang ada di Indonesia untuk membangun koneksi internet di pelosok desa agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya di perkotaan atau pulau-pulau besar saja, namun desa terpencil pun bisa ikut menikmati akses internet minimal untuk berkomunikasi dengan kerabat yang berada di lokasi lainnya.

doc. pribadi

Lalu hadir juga kemenkominfo, yaitu Bapak Rudiantara yang ikut mengisi acara pada sabtu kemarin. Beliau menyampaikan pada anak-anak muda Indonesia untuk memerangi berita serta kontent negatif. Kiranya berita itu tidak akurat; dapat langsung di delete saja tanpa harus ikut menyebarkan. Selain itu Bapak Rudi juga berpesan agar memiliki semangat untuk mewujudkan SDG 2030. Karena pada tahun 2030 nanti, anak muda sekarang telah memasuki usia produktif yang diharapkan dapat menjadi penerus generasi bangsa yang lebih baik. Maka dari itu mulai dari sekarang belajar yang sungguh-sungguh ya nak! agar kelak nanti menjadi insan yang berguna. 😊

   doc. pribadi

Acara kemarin cukup meriah karena menghadirkan musisi terkenal "Disuatu hari tanpa sengaja, kita bertemu. Aku yang pernah terluka kembali mengenal cinta." Lagu miliknya siapa ayo? Yaps, Anji @DuniaManji. Mantan vokalis band Drive ini turut memeriahkan acara  Siberkreasi netizen fair 2017. Lagu yang dibawakan membuat para pecinta musik tanah air ikut menyanyikan pula. Ia live panggung pada sore hari sebelum acara DigiTalk #7.

doc. pribadi

Acara ditutup dengan kemeriahan memecahkan balon yang berisikan tulisan-tulisan negatif seperti: hoax, cyberbullying, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mari kita perangi penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, dsb. Jadilah pengguna yang bijak dengan meng-share berita positif di dunia digital. Karena damai itu harapan kita bersama.

doc. pribadi

doc. pribadi

"Marilah kita mensyukuri berkat Tuhan hidup ini, kita bahagia. Kita bahagia." Yuhuu, diakhir acara ada performing grup vokal favorit saya yaitu GAC @GAC_Music. Mereka membawakan beberapa lagu untuk mengakhiri pesta kemeriahan acara kemarin, karena selain acara netizen siberkreasi juga mengadakan video competition yang diikuti dari beberapa sekolah tingkat SMA yang ada di jakarta dan sekitarnya. Gimana seruu kaan? Pastinya. Makanya yuk gunakan internet untuk hal yang positif dan juga produktif tentunya. Sekarang banyak yang menggunakan internet atau dunia digital untuk mengembangkan karya nya. Tidak hanya untuk bersosial media saja, seperti vlogger dan juga blogger kayak' saya ini (promosi) bisa ikut menyuarakan dunia digital yang sehat. Buat kalian yang suka aktif di dunia maya, jangan lupa apa yang kamu bagikan itu dilihat jutaan orang. Meskipun mereka tidak mengenal kalian, tapi mereka bisa mengetahui sisi karakter kamu dari apa yang kamu share di internet. So, to be wise to make your smart using internet! Sekian.

doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi

Post a Comment

0 Comments