DAY 3 PELATIHAN RELAWAN WIKIDPR BATCH 12

Apa yang kalian ketahui saat pertama kali mengenai DPR? DPR merupakan sebuah badan legislatif yang dibentuk untuk mewakili rakyat dalam mengatur perundang-undangan. Semua kebijakan diatur serta disahkan oleh lembaga pemerintahan ini. Namun dari kalian ada yang tahu bahkan mengenal anggota parlemen yang menduduki di kursi DPR tersebut? Maka dari itu untuk mengenal lebih jauh tentang siapa saja wakil rakyat yang menduduki kursi pemerintahan, mari kita mengenal sebuah organisasi yang dibentuk oleh beberapa anak muda untuk lebih mengenal atau istilahnya mendekatkan dengan wakil rakyat.


Wikidpr merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibentuk oleh beberapa anak muda untuk mengetahui siapa saja orang yang menjadi wakil rakyatnya. Bermula dari masa-masa pemilihan legislatif di tahun 2014, informasi mengenai ribuan caleg minim dan cenderung hanya biografi yang mendasar. Singkatnya tidak ada keterangan mengenai rekam jejak tentang kinerja mereka selama 5 tahun di DPR. Maka dibuatlah Wikidpr ini tujuannya untuk menghilangkan kegundahan dan dengan harapan dapat membangun sistem demokrasi yang lebih matang di tahun pemilihan legislatif 2019. (sumber: http://wikidpr.org/page/tentang-wikidprorg)


Berawal dari rasa ketertarikan saya tentang dunia politik maupun demokrasi. Saya mencoba untuk melamar sebagai volunteer di Wikidpr batch 12. Sebelumnya saya tidak mengetahui kalau ternyata ada sebuah wadah yang dapat memberikan sesuatu terhadap keingintahuan saya pada wakil rakyat yaitu Wikidpr. Sebagai anak muda yang minim akan pengetahuan tentang politik, tahu pun hanya melalui media televisi dan itu belum cukup bagi saya. Karena kita tidak melihat langsung dan tidak dapat menilai secara objektif kepada para anggota DPR. Maka dari itu, disinilah saya memberanikan diri untuk menjadi seorang relawan layaknya jurnalis yang dapat melihat langsung serta meliput anggota dewan saat rapat sidang. Dan saya adalah salah satu dari para relawan yang lolos dan dinyatakan resmi sebagai volunteer di Wikidpr pada batch 12. Setelah mengikuti beberapa rangkaian pelatihan selama 3 hari akhirnya saya mendapatkan pembekalan tentang bagaimana cara akses masuk dan meliput di gedung DPR. Jujur saja ini baru pertama kali saya nantinya akan meliput, berperan seperti jurnalis. Ini akan menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berharga, bagaimana tidak? Tidak semua orang ingin atau mempunyai ketertarikan untuk mendengarkan rapat apalagi jika dibumbui dengan perdebatan, nah hal tersebut yang menjadi motivasi saya untuk belajar lebih baik lagi terutama dalam kepenulisan. Karena jika kita selalu melatih diri dengan menulis, kita akan mengetahui banyak informasi seperti halnya membaca buku. Saya berasumsi semakin banyak menulis, maka semakin banyak kosakata yang kita miliki untuk membuat sebuah tulisan maupun artikel. Membaca dan menulis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena disanalah sumber ilmu pengetahuan.

doc. pribadi


Tidak semua itu harus diukur dengan materi, ada saatnya kita melakukan sesuatu bukan hanya untuk kepentingan pribadi melainkan bermanfaat bagi sesama. Dengan mengikuti kegiatan ini saya dan rekan-rekan sesama volunteer bisa berkontribusi terhadap masyarakat melalui informasi yang objektif dan tidak keberpihakan. Menciptakan sebuah demokrasi yang harmonis serta dinamis.

"Relawan itu tidak dibayar bukan berarti tidak bernilai, melainkan karena mereka tak ternilai."

Untuk membuat negara ini maju diperlukannya peran anak muda yang memiliki semangat serta jiwa pantang menyerah. Butuh adanya kerjasama dari berbagai kalangan seperti mahasiswa dan pelajar, misalnya saya dan rekan-rekan relawan ini yang memiliki latar belakang yang berbeda, namun saling bahu membahu untuk membuat masyarakat lebih dekat dengan wakil rakyatnya melalui informasi dari hasil peliputan yang kami berikan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, memang tidak selamanya berbentuk dalam materi namun setidaknya apa yang saya dan rekan-rekan relawan Wikidpr lakukan dapat membantu masyarakat dalam memilih wakil rakyat. Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan dalam ulasan saya selama mengikuti pelatihan di Wikidpr, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Untuk ingin tahu lebih lengkapnya bisa mengunjungi website: http://wikidpr.org/ dan follow twitter di https://twitter.com/WikiDPR untuk informasi ter-update. Terima kasih.

doc. pribadi







"Ada dua luka di dunia ini, pertama adalah luka yang menyakitimu dan kedua yaitu luka yang akan mengubahmu."

"Kebahagiaan tertinggi di dunia saat kita sadar bahwa kita "bernilai" bagi orang lain."