BERBAGI KECERIAAN BERSAMA ADIK-ADIK DALAM KEGIATAN BAKSOS

Sabtu yang cerah saat itu mengantarkan saya pada kegiatan baksos. Acara tersebut memang sudah direncanakan sebelumnya bersama teman-teman saya dari Komunitas Backpacker Jakarta. Maka dari itu saya sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Mau tahu kegiatan serta keseruan apa saja selama saya mengikuti kegiatan baksos? Yuk, langsung saja kita simak ulasan berikut!

doc. pribadi

Kalau kita melihat pemandangan Ibukota Jakarta di pagi hari tentunya menyenangkan, apalagi di hari weekend yang tidak terlalu padat arus lalu lintas kendaraan. Senang sekali meski berangkat sekitar pukul 8, sampai ditujuan pun tidak makan banyak waktu alias lebih cepat dibanding dengan hari biasa atau biasa dikenal dengan jam kerja. Kali ini saya akan membahas tentang kegiatan sosial saya kemarin bersama teman-teman saya. Banyak kegiatan serta keceriaan dalam acara bakti sosial tersebut seperti dongeng anak dan bermacam games edukasi untuk adik-adik yang sudah sekolah.

doc. pribadi

Disini saya bersama teman-teman tidak hanya memberi sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja, tetapi juga memberi berbagai macam buku bacaan yang diharapkan bisa menambah pengetahuan serta semangat adik-adik dalam meraih cita-cita.

doc. pribadi

Sebelum kita memulai acara, pertama kita melakukan perkenalan terlebih dahulu. Dimulai dari memperkenalkan seluruh personil pasukan red devils 😈. Oh, tidak disini tim kami bukan untuk bertanding sepak bola melainkan untuk berbagi keceriaan bersama adik-adik 😉. Baik adik-adik sudah ada yang kenal belum dengan kakak-kakak yang unyu ini? Dan saya pun tidak melewatkan moment ini untuk perkenalkan diri dengan percaya dirinya berkata "hallo adik-adik, kenalkan my name is raline shah. And you're can call me raline(?)." (seketika suasana langsung terhening, karna gak ada yang mau kenalan sama lo juga! 😤)

doc. pribadi

Dengan waktu dan tempat yang terbatas itu tidak mengurangi semangat kami tim merah untuk berbagi apa yang kita miliki seperti sharing education: mendongeng, games cerdas cermat, presenting kesenian origami, permainan domikado. Untuk dongeng ada teman-teman saya yang memiliki skill dalam menceritakan kisah-kisah tokoh yang dibagikan pada anak-anak usia balita. Semua ikut mendengarkan dan senang didongengkan oleh kakak-kakak yang cantik dan baik hati. (Tenang coy gue gak termasuk kategori kakak-kakak ini,  karena gue pun gak bisa mendongeng) Sepertinya pada sensi melihat tulisan saya ini, jika saya menuliskan kata-kata pujian atau sejenisnya. Padahal tujuannya kan hanya untuk menyemangatkan diri sendiri 😄 ⬅back to the topic➡, selain mendongengkan cerita masih ada games cerdas cermat yaitu yang di koordinasikan oleh saya sendiri yeaay! (Girang sendiri 😩) tapi saya juga dibantu dengan teman-teman untuk mengkondisikan acara demi berlangsungnya cerdas cermat agar berjalan dengan baik.

doc. pribadi

Inilah tim kami perkenalkan ada bang fahmi dan kaka vita. Nah, kalau saya tidak perlu kenalan lagi, sudah pada kenal kan? Siapa? Raline. That's right. *lemparbatako* Disini saya akan memberikan pertanyaan pada adik-adik yang sudah dibentuk menjadi beberapa kelompok. Bagi siapa saja yang bisa menjawab, bisa ambil hadiah sepedanya di counter-counter terdekat. (Ada sapu ga? Minta disapu nih anak! 😕) Baik, tanpa mengundur waktu, saya dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan anak yang dari tiap masing-masing kelompoknya mempunyai perwakilan tingkat SMP. Jadi sedikit saya jelaskan, adik-adik ditempat ini mayoritas SD kelas 1-5. Pertanyaan yang saya buat cukup sulit, so harus ada yang mewakili dari anak yang usia SMP agar di setiap kelompok bisa menjawabnya.

doc. pribadi

Ternyata diluar dugaan saya, adik-adik disini nyatanya luar biasa mampu menjawab soal dari pertanyaan yang saya buat. Padahal itu pertanyaan untuk anak usia sekitar kelas 6 SD sampai 1 SMP, namun adik-adik ditempat ini yang usianya dibawah dari kelas 6 pun ikut bisa menjawabnya. Itu artinya, mereka memang memiliki keinginan serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya. 

doc. pribadi

Mereka pada berlomba untuk menjawab pertanyaan, bukan semata-mata untuk mendapatkan hadiah. Namun, memang rasa ingin tahuan akan ilmu pengetahuan itu tertanam dalam diri mereka masing-masing. Mudah-mudahan ini menjadi awal mereka dalam perjuangkan impiannya.

doc. pribadi

Saya sangat senang melihat antusiasme adik-adik dalam mengikuti games cerdas cermat ini, bukan karena saya yang menjadi koordinator nya. Tapi saya memang kagum pada adik-adik yang berada disini, dengan keterbatasannya itu tidak membuat mereka menjadi patah semangat dalam meraih cita-cita. Itu seharusnya dapat memacu saya untuk lebih giat lagi dalam meraih impian saya. 

doc. pribadi

Tidak ada yang lebih membahagiakan selain melihat senyuman dari adik-adik yang berada dibawah kolong langit ini. Mereka yang belum mengerti mungkin merasa nyaman saja tinggal ditempat yang kurang layak atau bahkan tidak layak. Tapi bagi mereka yang sudah sekolah, harus bisa lebih semangat dalam belajar agar kehidupan dia bisa berubah lebih baik. Karena roda terus berputar, kita tidak pernah tahu nasib seseorang di masa yang akan datang. Orang-orang yang kita pandang sebelah mata hari ini, bisa jadi dia akan menjadi lebih baik dari diri kita. So, berhati-hatilah dalam bersikap. Jangan pernah merasa diri ini lebih tinggi (dalam hal apapun) dari yang lain, karena diatas langit masih ada langit dan langit pun tidak perlu menjelaskan bahwa dirinya itu tinggi.

doc. pribadi

Selain dongeng dan games cerdas cermat, teman-teman saya juga mengajarkan bagaimana untuk berkreasi dengan kesenian origami yang dibawakan oleh bang imam. Bang imam men-share skill nya dalam seni melipat dan mengkreasikan dari kertas origami. Bisa dilihat, adik-adik sangat tekun serta fokus dengan apa yang diajarkan oleh tutornya. Bukan ilmu pengetahuan saja yang didapat namun nilai seni (Artistik) pun bisa dipelajari dalam kegiatan baksos kali ini.

doc. pribadi

Tidak berhenti sampai disana saja keceriaan saya dan teman-teman bersama adik-adik. Disana ada teman saya kak nova yang akan memberikan games lainnya seperti permainan domikado, pasti kalian sudah tidak asing kan dengan permainan yang satu ini? Semua ikut serta, termasuk pasukan tim merah. Semua ikut bergembira dalam games ini. Karena yang kalah, ada punishment nya. Mau tahu apa punishment nya? 😃

Suasana permainan domikado bersama adik-adik dalam kegiatan baksos (doc. pribadi)


doc. pribadi

Menyanyikan lagu wajib (doc. pribadi)


Ini dia adik kita yang berani maju untuk menyanyikan lagu wajib indonesia, semua ikut turut menyanyikannya. Sebenarnya tujuan punishment itu bukan untuk membuat takut akan sesuatu, justru agar berani tampil di depan banyak orang. Dan itu harus dilatih dari sejak dini.

doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi

Itulah kebersamaan saya selama kegiatan bakti sosial. Dimana ayo? Anyone know? Ya, di daerah kampung melayu. Saya bersama teman-teman Backpacker Jakarta mengunjungi tempat tinggal yang berada dibawah kolong langit. Pesan saya untuk adik-adik yang berada ditempat ini adalah agar tetap terus bersemangat, jangan jadikan keterbatasan menjadi hambatan. Yakin, impian kalian akan terwujud jika diperjuangkan dengan usaha, kerja keras, doa, serta rasa sabar. Tidak ada impian yang indah tanpa dilalui oleh proses yang panjang juga penuh kesabaran. Semua akan menjadi nyata jika kita meyakininya. Berani bermimpi, itu artinya berani memperjuangkannya pula. Sekian ulasan kegiatan saya kemarin, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Danke schön! 😇

doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi

Biarkan Jomblo Berimajinasi (doc. pribadi)


doc. pribadi

doc. pribadi

doc. pribadi