MENCARI ILMU DAN PENGALAMAN DENGAN BERORGANISASI

Hallo reader blog, udah beberapa pekan saya tidak menulis di blog ini. Karena weekend kemarin saya telah disibukkan (ciaelah) untuk mengikuti kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (MAPABA PMII) yang diadakan oleh kampus saya sendiri yaitu Universitas Islam As-Syaf'i'iyah. Tentunya kalian mau tahu dong, kegiatan apa saja yang saya lakukan selama berada disana? Yuk langsung aja kita simak ulasannya!




Sebelumnya kalian sudah ada yang tahu apa itu PMII? Ya, untuk sedikit informasi saja kalau PMII merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang dibentuk untuk menyuarakan pendapat ataupun pemikiran-pemikiran serta ide mahasiswa, nah PMII ini bisa dikatakan sebagai wadahnya. PMII sendiri didirikan pada tanggal 17 April 1960, dan adapun slogannya yaitu "Dzikir, Fikir, dan Amal Shaleh." Selain PMII sebenarnya masih banyak lagi organisasi kampus lainnya, namun apa alasan saya untuk tertarik bergabung di organisasi PMII ini? Alasannya tidak lain untuk ingin ikut berproses; karena untuk mencapai apa yang kita inginkan itu harus mau melewati tiap prosesnya. Mungkin banyak anggapan dari eksternal mengenai PMII, yang ikut organisasi ini adalah orang yang tidak ada kerjaan, suka demo dijalan, selalu mengkritisi pemerintah. Tapi apa iya hanya itu saja yang dilakukan oleh mahasiswa yang ikut berorganisasi? Selain anggapan yang telah disebutkan, mahasiswa masih punya peran penting. Karena bukan strata nya saja yang lebih tinggi dalam pendidikan, namun beban maupun tanggung jawab nya pun lebih besar dibanding pelajar lainnya. Beban apa? Yakni beban moral, sebagai mahasiswa kita [termasuk saya(?)] harus mampu memberi teladan yang baik bagi diri sendiri ataupun oranglain. Jangan beranggapan sebagai mahasiswa itu hanya untuk formalitas aja, atau menaikkan taraf gengsi hidup. Ada yang lebih penting dari itu, kita bisa mewakili rakyat yang tidak memiliki kesempatan untuk menyuarakan hak maupun pendapatnya. Yang dimaksud mewakili rakyat disini tidak hanya berdemo saja, maka dari itu perbanyaklah ilmu pengetahuan dengan rajin membaca. Dengan begitu kita lebih mengetahui kejadian yang sebenarnya, tidak mudah men-judge sesuatu ataupun seseorang.


doc. pribadi

Selama kegiatan berlangsung saya bersama teman-teman MAPABA lainnya diberi berbagai materi yang dapat menambah pengetahuan mengenai organisasi yang ingin saya ikuti. Materi pertama yaitu TTCB (Tata Tertib Cara Bersidang) disana di jelaskan definisi serta bagaimana cara pelaksanaan sidang yang baik. Dan pagi nya dilanjutkan dengan senam pagi yang diikuti teman-teman saya dari masing-masing fakultas. Anyone know? Acara yang berlangsung ini diadakan di daerah Cisarua, Puncak Bogor pada tanggal 3 - 5 November 2017. Marvelous!

doc. pribadi

Sehabis senam saya dengan teman-teman lainnya mengikuti games yang dibuat oleh panitia. Banyak keseruan yang dilakukan dalam kegiatan ini, selain menghibur tentunya juga menambah relasi atau pertemanan baru. Seperti foto yang diatas mari kita perkenalkan dari sebelah kiri; ada Raline Shah, Raisa, dan Isyana Sarasvati (apakata elu ajadah!) 😄


doc. pribadi

Disini pada intinya kita adalah belajar, mungkin ada beberapa pengalaman saya dengan teman-teman yang dapat dibagikan pada yang lain. Berhubung kita berasal dari latar belakang fakultas yang berbeda, maka diadakan sharing discussion mengenai organisasi maupun kegiatan selama dikampus.

doc. pribadi

Ada banyak materi yang tak usainya dibahas. Namun semua menikmati kegiatan tersebut, selain menambah pengetahuan kita juga bisa belajar berani untuk mengajukan pertanyaan. Karena tidak semua orang memiliki public speaking yang baik, maka dari itu diperlukan namanya latihan untuk memberanikan diri berbicara maupun berargumen didepan banyak orang. Saya sendiri sudahkah berani untuk berbicara didepan khalayak umum? *ciiaattciiatt

doc. pribadi

Bukan hanya pengetahuan atau pengalaman saja yang didapat. Disini saya juga dapat menjalin keakraban layaknya keluarga, makan bersama menjadi momentum yang tak terlupakan. Karena dari sini kita bisa melihat rasa kepedulian terhadap sesama; termasuk tidak berebutan pada saat menyuap makanan misalnya *jiiahaha becanda yaa 😀

doc. pribadi

Selesai makan seperti biasa ada materi selanjutnya yang diberikan oleh pembicara. Ada salah satu pembicara yang membuat saya akhirnya berfikir "Oh iya ya, gue baru tahu sekarang." Yaitu pada saat pembicara membahas tentang Materi Metodologi Berfikir. Dia (note: Karena masih muda, tidak perlu pakai kata 'beliau') bilang kalau benda yang kita lihat atau gunakan sebenarnya hasil dari metodologi atau cara berfikir kita sendiri, seperti misalnya: kita melihat ikan berenang, maka manusia menciptakan benda yang serupa yaitu kapal laut contohnya. Begitu juga dengan melihat burung terbang maka dibuatlah pesawat terbang supaya manusia bisa menggunakan hasil dari karyanya tersebut. Amazing bukan? Ini sih sayanya aja yang norak' karena baru tahu klarifikasinya. Hahaa. Dan foto yang diatas itu dia membahas tentang Sejarah Pergerakan Mahasiswa, disana saya sedang kantuk-kantuknya. Jadi tidak bisa fokus, karena memang sudah waktunya terlelap tapi materinya tetap harus disampaikan. Namun ada kejadian menarik, saat teman saya mengajukan pertanyaan pada si pembicara tersebut namun endingnya malah memunculkan gelak tawa. Ya intinya sih biar pada gak ngantuk aja kali yaa. Karena yang bicara didepan itu bukan pendongeng, tapi juga harus diskusi bukan cuma mendengarkan saja. Kira-kira seperti itulah, dan akhirnya selesai juga materinya lalu saya beranjak untuk istirahat.

doc. pribadi

Jelang beberapa jam kemudian, saya sudah dibangunkan kembali untuk menikmati dinginnya udara ditengah kegelapan yaitu sekitar pukul setengah 3 dinihari. Saya bersama teman-teman dibuat berkelompok untuk mengelilingi tempat yang ditentukan panitia, di tiap pos saya diberi pertanyaan yang kabarnya akan berhadiah 1 unit mini cooper (terlaluberharap). Ada beberapa yang bisa terjawab, namun tidak sedikit juga yang terlewatkan atas pertanyaan tersebut. Bisa jawab salah satunya aja masih untung, karena dalam keadaan mengantuk mana bisa konsentrasi untuk menjawab tiap question dari panitia. Lalu, yang tidak kalah serunya lagi adalah kita berjalan diderasnya air hujan. Selama itu hujan air sih yaa tidak masalah, kecuali hujan duit (makin tidak masalah 😆😄) And finally, saya mampu juga melewati tiap rintangannya tersebut (Ciaelaah rintangan 😑) Di tengah api unggun ini saya bersama sahabat/ti kalau anak PMII memanggilnya, berikrar untuk komitmen atas apa yang telah kita pilih. Yang namanya berorganisasi harus mau berkomitmen, mandiri, berproses, dan berjuang demi kelangsungan organisasinya. Tidak bisa ikut organisasi hanya agar disegani orang, "karena gue udah jadi anak organisasi nih, dan elu-elu pada harus patuh sama gue". Didalam PMII tidak seperti itu, semua adalah keluarga walaupun saya belum berkeluarga (kagak ada yang nanyaaa'!) Semua diberi arahan bagaimana kita menjadi seorang mahasiswa yang berbakti pada orang tua khususnya dan mengabdi pada negara. Mahasiswa merupakan strata tertinggi dalam pendidikan, mungkin ada yang lain lagi? Tidak ada. Maka dari itu mahasiswa harus memiliki daya berfikir yang kritis, tidak harus selalu mengikuti yang ada atau bahkan kita mampu menciptakan hal baru yang bermanfaat untuk bersama. Apakah menjadi seorang mahasiswa yang mengikuti organisasi itu membuat tidak fokus dalam kuliah? Jawabannya adalah tidak. Jika kita mampu menyeimbangkan keduanya, kita dapat mencari ilmu sekaligus berpengalaman dalam berorganisasi. Orang yang ingin menjalin relasi tentunya harus mau ikut berkomunitas karena disanalah terjalinnya komunikasi serta bertukar informasi dengan orang baru. So, siapkah kamu untuk berorganisasi? Kalau ditanya siapa kalian? jawabnya adalah PMII. Bukan Power Rangers apalagi Power Puff Girls #janganserius 😊

doc. pribadi

Oke itulah sekian ulasan dari beberapa kegiatan saya kemarin selama berada di acara MAPABA PMII pada tanggal 3 - 5 November 2017. Sebuah kegiatan yang menjadi kisah klasik tak terlupakan, bertemu dengan teman baru Sahabat/ti PMII UIA. Mudah-mudahan cerita perjalanan kemarin menjadi kisah awal saya dalam meraih impian maupun cita-cita. Aamiin. Karena dalam Organisasi PMII tidak hanya untuk berpolitik saja, namun bagi yang ingin mengembangkan kreatifitas juga ada dimari. Seperti saya yang ingin menjadi seorang entrepreneur misalnyaaa. Nah, untuk yang ingin tahu lebih lanjut bisa kepo langsung di google aja' apa itu PMII, right?. Wallahul muwafiq illa aqwa mit thariq, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

doc. pribadi

Post a Comment

0 Comments