PENULIS NOVEL INSPIRATIF YANG TERKENAL

Menulis menjadi sebuah media untuk menceritakan sebuah pengalaman ataupun perjalanan hidup seseorang. Dengan menulis kita juga sedang melatih diri untuk mencari sebuah ide baru dalam mengembangkan kemampuan diri. Tulisan pun terbagi menjadi dua yaitu fiksi dan nonfiksi. Nah, ini dia ada beberapa penulis novel yang terkenal dan juga menginspirasi. Yuk check this out!

1. Paulo Coelho

 Photo Credit By: amazon.com

Novelis kelahiran Brazil, 24 Agustus 1947 ini memiliki karya tulis yang terkenal yaitu "The Alchemist", dalam karyanya tersebut ia berhasil menjual 150 juta kopi diseluruh belahan dunia. Dan diterjemahkan dalam 67 bahasa. Selain karyanya yang dikenal diberbagai dunia, ia juga memiliki pengalaman hidup yang menarik perhatian. Pasalnya, orangtua coelho tidak menginginkan anaknya menjadi seorang sastrawan. Kedua orangtuanya berharap Paulo Coelho kelak menjadi seorang arsitek atau ahli hukum. Namun sayangnya ia bukan termasuk anak yang penurut, ia menentang keinginan orangtuanya. Dan tetap melanjutkan bakatnya didunia tulis-menulis. Bahkan coelho dianggap memiliki gangguan kejiwaan oleh ayahnya sendiri karena tidak mau patuh pada aturan orangtuanya, ia pun sempat dibawa ke shelter (rumah sakit jiwa). Coelho harus menjalani terapi electroconvulsive, terapi ini dapat berdampak buruk untuk saraf manusia. Namun akhirnya terapi tersebut dilarang di Brazil. Setelah keluar dari rumah sakit tersebut, ia bergabung di sebuah grup teater sebagai jurnalis. Lagi-lagi orangtua nya tidak setuju dengan membawa dirinya lagi kerumah sakit jiwa, namun kali ini dokternya mengatakan kalau dia (Coelho) tidak memiliki kelainan jiwa, jadi tidak sepantasnya ia dibawa ketempat tersebut. Kekhawatiran orangtuanya pada nasib anaknya saat itu kalau dunia jurnalistik adalah profesi yang identik dengan dunia tak bermoral, mereka takut anaknya mendapat pengaruh buruk. Sudah ketiga kalinya ia masuk ke tempat ini, akhirnya ia bebas juga dari rumah sakit tersebut. Dan melanjutkan pendidikannya di sekolah hukum, dia sepertinya memilih menuruti keinginan orangtua nya. Namun tidak lama ia malah di dropped out dari sekolahnya, dan kembali menekuni dunia teaternya.

Photo Credit By: goodreads

Masa muda Coelho seperti anak muda lainnya yaitu mengikuti trend pada zamannya. Coelho tertarik dunia Hippie yang memiliki gaya hidup seperti memanjangkan rambut, tidak membawa kartu identitas diri saat bepergian, dan menggunakan obat-obatan terlarang. Ia pun pernah merasakan hidup di penjara karena serial komik nya Kring-ha yang ia buat sebagai protes atas terbelenggunya kebebasan warga negara Brazil.

Photo Credit By: bukukita.com

Pada tahun 1979, ia menemukan pasangan hidupnya. Ia menikah dengan teman lamanya yaitu Christina Oiticica. Pernikahan nya cukup langgeng sampai saat ini, setelah menikah ia seperti hilang minat di dunia menulis. Namun, di semangati oleh istrinya tentang impiannya untuk menjadi seorang penulis. Meskipun memiliki banyak pengalaman buruk di masa mudanya, namun Coelho diterima sebagai anggota ke-21 Brazillian Academy of Letters (ABL). Ini merupakan moment penting karena walaupun karyanya dibaca banyak orang, namun tidak sedikit kritikus yang menilai karya dirinya kurang memiliki muatan sastra. Meski banyak kritikan, Coelho tetap menginspirasi bagi bangsanya juga penjuru dunia. Ia pun turut membiayai Paulo Coelho Institute. tujuannya untuk menolong anak-anak yang kurang beruntung dari royalti atas tulisan-tulisannya.

2. J.K. Rowling

Photo Credit By: www.dengeek.com

Siapa yang tidak kenal dengan Novelis Wanita satu ini? Ya, Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal dengan J.K. Rowling menjadi salah satu penulis novel yang terkenal didunia berkat karya nya "Harry Potter". Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999. Mengenai kehidupan pribadi sang penulis novel, ia seorang lulusan Universitas Exeter. Namun sejak perceraian dengan suaminya, ia menjadi orangtua tunggal bagi anaknya. Ia mengalami kesulitan dalam menghidupi anaknya. Selama mengalami kesulitan tersebut, ia mencoba menulis. Menurutnya, mungkin disanalah jalan keluarnya. Sebelum memutuskan untuk menulis ia pernah memiliki kendala dalam membuat tulisannya, pasalnya ia tidak mempunyai komputer hanya memiliki mesin tik tua yang bisa ia gunakan. Tapi siapa menyangka ia sempat ditolak oleh 12 penerbit buku, hal tersebut tidak membuatnya putus asa  ia terus berusaha sampai pada akhirnya penerbit ke 13 lah yang menerima karyanya yaitu Harry Potter dengan penghasilan pada saat itu $4000.

Photo Credit By: wikipedia

Novelnya Harry Potter yang membuat dirinya dikenal sampai saat ini. Karya yang juga dibuat film sekuelnya, benar-benar membuktikan kalau tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Meskipun harus jatuh bangun bahkan terkadang kita merasa tidak tahu harus melakukan apa lagi.

"I cannot criticize my parents for hoping that I would never experience poverty. They had been poor themselves, and I have since been poor, and I quite agree with them that it is not an ennobling experience. Poverty entails fear, and stress, and sometimes depression; it means a thousand petty humiliations and hardships. Climbing out of poverty by your own efforts, that is indeed something on which to pride yourself, but poverty itself is romanticized only by fools."


Dalam pidatonya di Harvard ia berpesan pada kita semua untuk selalu berani mencoba sesuatu.

Photo Credit By: hollywoodreporter.com

Kegagalan merupakan hal yang wajar. Jangan sampai rasa takut akan kegagalan membuat kamu berhenti untuk mencoba.

3. Nora Roberts

Photo Credit By: carribeanaccentbookreviews.com

Novelis romantis ini selalu memakai nama pena Jill March ataupun Sarah Hardesty. Salah satu karyanya yang terkenal yaitu seri Death. Karyanya pun selalu terpampang di list book bestseller New York Times. Ia mengawali karya menulisnya pada tahun 1981. Dan kini sudah ada lebih dari 200 novel romantis karyanya.

Photo Credit By: www.noraroberts.com

Adapun karya terbarunya di tahun 2017, kalian bisa mengunjungi situs webnya di www.noraroberts.com disana banyak karyanya yang bisa kalian baca dan koleksi.

Photo Credit By: www.noraroberts.com

4. Asma Nadia

Photo Credit By: serpihandarihati.blogspot.co.id

Kini datangnya dari dalam negeri yaitu Asma Nadia, karyanya yang terkenal yaitu Surga Yang Tak Dirindukan. Wanita kelahiran Jakarta, 26 Maret 45 tahun silam ini merupakan pendiri forum lingkar pena juga sebagai manajer di Asma Nadia Publishing House.

Photo Credit By: referensibukubagus-wordpress.com

Walaupun sudah memiliki banyak karya, namun ia sempat mengalami jatuh bangun dalam karir penulisannya. Saat remaja ia pernah patah semangat karena sering dicela dan diejek yang akhirnya semangat menulisnya pun padam. Tapi seiring berjalannya waktu, Asma mulai serius menekuni menulisnya dan cerpen pertamanya pun dimuat oleh sebuah majalah.

Photo Credit By: m.jitunews.com

Kini ada beberapa karya bukunya yang difilmkan. Salah satunya "Cinta Laki-Laki Biasa" dalam film ini menceritakan bahwa kebahagiaan tidak harus diukur dengan materi. Film yang dibintangi oleh Deva Mahendra, Velove Vexia, dan juga Nino Fernandez ini sangat menginspirasi, sang penulis pun mempunyai pesan tersendiri dalam film tersebut yaitu "Kalau ada laki-laki baik, bisa menafkahi dan datang melamar perlu dipertimbangkan oleh calon mertua. Buat para cewek tinggalin cowok-cowok PHP (Pemberi Harapan Palsu). Kalau dia suka, pasti ngajak ta'aruf." Kata Asma (dikutip dari m.jitunews.com)

5. Ahmad Fuadi

Photo Credit By: m.viva.co.id

Buat kalian yang memiliki jiwa perantauan pasti kenal dengan novelis yang satu ini. Betul, uda Ahmad Fuadi. Penulis novel yang pernah meraih beberapa beasiswa bergengsi ini mengajarkan pada kita untuk tidak pernah takut dalam meraih mimpi. Seperti di buku terbarunya yaitu "Anak Rantau" sedikit bocoran saja, kalau di novel ini menceritakan anak perantauan yang ingin kembali ke kampung halamannya, jadi bukan seseorang yang baru ingin merantau ya. Pesan dalam buku ini pun cukup sangat menarik, yaitu kita dianjurkan untuk memaafkan, memaafkan, dan melupakan. Bagaimana bisa? Tentu bisa. Hanya orang yang memiliki hati yang luas, yang bisa memaafkan sekaligus melupakan. Disana kita akan belajar membuka lembaran baru di kehidupan kita kedepannya.

Doc. Pribadi

Ia pun pernah menulis buku trilogi yaitu Negeri 5 Menara. Penulis yang juga meraih beberapa penghargaan salah satunya Liputan6 Awards, SCTV untuk kategori pendidikan dan motivasi pada tahun 2011. Kita sering membaca slogannya "Man Jadda Wa Jadda" di trilogi Negeri 5 Menara tersebut. Diharapkan untuk kita-kita ini agar selalu optimis serta memiliki semangat untuk meraih impian. Karena barang siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Photo Credit By: lianapm.blogspot.com

Nah, itu dia beberapa penulis novel terkenal yang menginspirasi. Mungkin ada yang mau menambahkan? Apapun jenis profesi kita setidaknya bisa bermanfaat (berkontribusi) untuk orang banyak.

Post a Comment

0 Comments