KEUTAMAAN DOA DI SEPERTIGA MALAM

Mungkin disini ada yang mempunyai cerita yang sama atau sedang menghadapi persoalan yang sama. Tapi tahukah kalian kalau kita berdoa pada Allah khususnya bermunajat (meminta) di sepertiga malam itu memiliki keutamaan ataupun kemuliaan lebih dibanding shalat sunnah lainnya. Disini saya akan membahas mengenai shalat sunnah yaitu shalat tahajud. Ya, shalat yang dilakukan pada waktu sepertiga malam atau malam hari.


charmah.com

Kalau di tulisan saya sebelumnya, saya pernah membahas tentang shalat dhuha. Dan kali ini saya akan membahas shalat tahajud, seperti yang kita ketahui Shalat Tahajud memiliki banyak manfaat juga untuk menenangkan hati serta fikiran kita ketika sedang diberi ujian. Sebenarnya kita tidak harus melakukan shalat sunnah ini saat menghadapi masalah saja, namun juga dilakukan saat kita diberi kemudahan. Shalat ini juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap apa yang sudah diberi oleh Tuhan pada kita selama ini.


pinterest.co.uk

Mengapa shalat tahajud dilakukan pada malam hari? Kenapa tidak pada pagi hari seperti shalat sunnah lainnya? Karena disaat orang-orang tertidur, kita sebagai manusia yang tidak terlepas dari kesalahan maupun masalah; saatnya diberi kesempatan untuk memohon ampun pada Allah SWT dan meminta agar diberikan kemudahan untuk menghadapi setiap permasalahan yang kita jalani. Sesungguhnya Allah selalu mendengar doa hamba-Nya.

“Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 186).

Tidak ada satupun doa yang tidak didengar ataupun dikabulkan oleh Allah SWT, asalkan kita bersungguh-sungguh serta mematuhi perintah-Nya. Awalnya mungkin sulit untuk melakukan shalat sunnah yang satu ini, apalagi bagi yang memiliki kesibukan aktifitas. Tapi tidakkah kita menyempatkan diri untuk menghadap pada Sang Pencipta; Sang Pemberi kehidupan. Kita diberi waktu 1 hari 24 jam, masa untuk meluangkan waktu paling sedikit 1 jam saja masih tidak bisa untuk menceritakan seluruh kisah hidup kita. Semua diawali dengan kebiasaan, kebiasaan yang seperti apa? Mari kita lakukan kegiatan yang baik minimal untuk diri kita sendiri, karena hidup ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik saja. Namun, spiritual (rohani) juga perlu kita imbangi agar semakin tawadhu' (rendah hati). Bahwa semua apa yang kita miliki itu sebenarnya hanya titipan dari Yang Maha Kuasa. Bisakah kita mempergunakannya dengan cara yang baik?


kuliahdesain.com

Jika kita saja mampu bekerja secara overtime, untuk memenuhi deadline. lalu kenapa kita tidak bisa menyisihkan waktu untuk berkomunikasi pada Sang Khalik? Jangan karena kita dibatasi dengan berbagai macam kegiatan duniawi, akhirnya kita lalai terhadap kehidupan abadi kita yaitu akhirat. Ini juga berlaku untuk diri saya sendiri, sebagai pengingat diri atau kalau emak' saya bilang sih self reminder.


pinterest

Sudah ada yang tahu niat shalat tahajud? Untuk mengingatkan kembali, akan saya share bacaan niat shalatnya:




Artinya: "Aku berniat Shalat Tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta'ala."


Lalu setelah selesai Shalat Tahajud, ada bacaan doa yang dapat kita amalkan sebagai berikut:




twitter.com


Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Itulah bacaan niat dan doa shalat tahajud. Alangkah lebih baiknya dilakukan rutin setiap malam hari, agar apa yang menjadi hajat serta keinginan kita dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT. Shalat Tahajud menjadi shalat sunnah yang paling utama setelah shalat fardhu. Karena Rasullah pernah bersabda bahwa seutama-utamanya sesudah shalat fardhu adalah shalat sunnah di malam hari. Kapan waktu melaksanakannya? Ini dia waktu-waktu melaksanakan shalat tahajud.


media.ihram.asia


Demikianlah pembahasan saya mengenai shalat tahajud. Sebelum kita melakukan shalat sunnah pastikan lebih dahulu kita sudah melaksanakan shalat 5 waktu dengan baik. Karena Shalat sunnah dilakukan sebagai pelengkap saat kita sudah rutin menjalankan shalat fardhu. Mohon maaf jika ada salah penulisan, karena pada dasarnya saya ini bukan seorang ustadzah apalagi guru. Sangat bukan. Tapi saya hanya ingin sharing tentang shalat tahajud, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan semoga Allah memberi yang terbaik untuk kita semua. Aamiin.

Post a Comment

0 Comments