HOBI YANG MENGHASILKAN UANG UNTUK GENERASI MILLENIAL

Mungkin bagi sebagian orang hobi itu merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang atau malah hanya dilakukan pada orang yang tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran, eits jangan salah dulu. Justru jika kamu menekuni hobi kamu, bahkan menggeluti di bidang tertentu itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang lho sob. Apalagi buat kamu yang ngaku sebagai generasi millenial, simak nih beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang. Kali aja ada hobi kamu juga yang termasuk, check this out!

1. Memasak


Siapa yang tidak tahu dengan jenis kegiatan satu ini? Orang yang memiliki hobi memasak tentunya akan lebih mengetahui salah satu kebutuhan manusia yaitu makan. Makan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, namun bagaimana cara kita menjaga pola hidup yang sehat dengan membuat atau memilih makanan yang bernutrisi untuk kesehatan jasmani kita. Kamukah salah satunya? Tidak perlu diragukan lagi, jika kamu mempunyai hobi memasak kamu bisa mengembangkan hobimu itu untuk menjadi sebuah bisnis baru. Tidak harus memiliki toko makanan atau membuka restoran, sekarang banyak selebritis yang mempresentasikan dirinya sebagai juru masak (Chef Celebrity). Selain hobi memasak, kamu bisa menjadi presenter di event food. Tentunya kamu sering melihat kan banyak chef baik wanita maupun pria yang tampil di acara on air atau off air untuk mengisi kegiatan masakan, mulai dari tema nusantara sampai mancanegara. Sebelum kamu terjun ke bidang tersebut, kamu harus menguasai dunia kuliner terlebih dahulu. Tidak harus mahir tapi setidaknya kamu mengerti mengenai selera masakan lokal atau mancanegara. 

2. Bermain Game


Terkesan bercanda ya? Tapi begitulah kenyataannya. Siapa bilang orang yang memiliki hobi bermain game itu pemalas? Kalau dilihat dari sisi lain justru menghasilkan rupiah lho sob. Masih tidak percaya? Sebut saja gammer asal Indonesia yakni Monica Carolina yang berhasil meraup penghasilan dari profesi gammer nya. Sebuah profesi yang biasa digeluti oleh kaum pria, kini menjadi sebuah peluang buat wanita yang juga suka bermain game. Asal jangan main hati ya sob, nanti jadi salah persepsi alias baper. Hehe.

3. Menggambar

Kalau yang sebelumnya seperti bercanda, lalu sekarang apa? Kembali ke masa kecil? Tentu tidak. Orang yang memiliki hobi menggambar lebih mengeksplor imajinasinya, membuat hal-hal yang terlihat tak mungkin menjadi nyata. Banyak hasil karyanya yang menjadi sebuah cerita contoh saja kartun atau tulisan bergambar (komik). Kamu pernah mendengar atau melihat kan komikus Indonesia yang terkenal dimata Internasional? Pastinya tidak terlepas dari kegigihannya melalui hobi menggambar. Terlihat sepele, namun jika ditekuni hasilnya tidak sepele. Bahkan kalau mau dikalkulasikan dengan rupiah, gajinya hampir sama dengan yang bekerja di perusahaan formal. Sudah berapa banyak hasil karya menggambarmu? Terus tingkatkan kreativitasmu hingga menghasilkan karya yang lebih hebat lagi. 

Ardian Syaf Komikus Asal Indonesia yang mendunia bintang.com

4. Fotografi


Punya bakat memotret jangan dipendam dalam diri saja, kamu bisa mengembangkannya dengan menampilkan hasil jepretanmu di pameran maupun galeri seni. Foto bukan hanya menampilkan karya artistik, namun bisa menghasilkan pendapatan untuk menambah uang saku kalian. Bosan dengan tekhnik fotografi yang begitu-begitu saja atau latar belakang (background) yang kurang menarik? Kamu bisa mengeksplorasi dengan mengunjungi berbagai tempat ataupun wilayah yang ada di dunia ini. Banyak perusahaan berita yang dapat kamu tawarkan hasil karya foto mu, terutama berita mengenai perjalanan ataupun geografi. Menarik bukan? 


5. Menulis


Dengan menulis sama saja berbagi cerita, berbagi pengalaman. Siapa disini yang juga suka menulis? Tentunya banyak ya termasuk saya. Tulislah apapun yang kamu ketahui atau ingin diketahui, karena dengan menulis kita akan dikenang lewat tulisan meskipun orangnya sudah tiada. Namun karyanya tetap abadi, selalu ingat kutipan penulis asal Indonesia yaitu Pramoedya Ananta Toer beliau pernah menulis seperti ini:

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah." - Pramoedya Ananta Toer

Jadi yakin masih tidak mau menulis? Selain menulis kamu juga bisa membaca artikel milik orang lain lho, itu bisa menjadi referensi saat kamu ingin memulai membuat tulisan. Jangan takut tulisanmu salah apalagi tidak dibaca orang, yakin saja tulisanmu itu baik dalam artian mengandung makna positif tidak merugikan pihak lain. Yang terpenting terus berlatih sampai tulisanmu dikenal banyak orang. Kalian pasti tahu kan dengan situs website IDNTimes, situs web yang digandrungi anak muda ini sarat akan informasi menarik dan terupdate. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Karena saya sering membaca artikel dari IDN Times, kamu mau tahu informasi tentang apa? Mulai dari Teknologi, Otomotif, Bisnis, bahkan berita lucu (Humor) ada di IDNTimes. Tidak hanya itu kalian juga dapat mengirimkan artikel sebagai kontributor. Dan kamu juga bisa mengikuti komunitasnya sebagai komunitas penulis atau yang lebih sering kita kenal dengan Community Writer. Buat yang baru tahu atau penasaran klik saja websitenya di www.idntimes.com.

6. Jalan-Jalan



Last but not at least, jalan-jalan atau traveling. Ayo ngaku disini siapa yang tidak suka dengan jalan-jalan? Faktanya generasi millenial lebih suka jalan-jalan ketimbang memiliki tempat tinggal maupun perencanaan masa depan. Why? Kok bisa? Melalui riset terbaru dari Bank of America Merrill Edge, generasi millenial lebih memprioritaskan uang mereka untuk digunakan ke kebutuhan gaya hidup dibanding untuk persiapan menabung masa depan (m.liputan6.com). Woah benarkah? Yang pastinya jangan sampai hobi kegiatan traveling mu itu malah menghabiskan uang ya. Sekarang banyak kok traveler atau travel blogger yang memposting perjalanannya melalui blog, youtube, instagram, atau sosial media lainnya. Dan itu bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan. Apalagi jika perjalananmu anti-mainstream, belum pernah dikunjungi oleh orang banyak. Kamu yang merekomendasikan tempat wisata tersebut, bisa menjadi daya tarik tuh. Tunggu apa lagi packing barang bawaan mu jelajahi dunia luas, tidak bisa hanya menatapi jendela rumah saja. Nah itu dia beberapa hobi yang digeluti anak muda yang dapat menghasilkan uang. Apapun hobimu jika ditekuni dan dijalani penuh kegigihan pasti kan membuahkan hasil. Karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, yang terpenting kita produktif melakukan hal yang positif. Itu saja yang bisa saya bagikan informasinya kali ini, sebenarnya banyaaaak sekali hobi yang bisa dijadikan penghasilan. Namun itu bisa kamu cari sendiri beritanya di internet maupun majalah. Cukup sekian dan bagi yang ingin mau menambahkan atau berkomentar silahkan tulis dibawah ini ya.

Post a Comment

0 Comments