CERPEN: THE PHOTOGRAPH COFFEE SHOP

"Hallo selamat sore apakah benar ini dengan Mba Afsheen?" telepon dari pihak penyelenggara photo contest. lalu aku jawab "Iya benar, saya sendiri. Maaf ini siapa ya?" tukasku." || "Oh, ya perkenalkan nama saya Dino dari pihak penyelenggara photo contest, saya ingin mengabari mba Afsheen. kalau mba merupakan salah satu peserta yang memenangkan kegiatan photo contest ini. untuk pengambilan hadiah, mba bisa hubungi ke contact center atau datang langsung ke kantor pusat kami yang nanti akan diberitahukan alamatnya lewat sms." || "Oh, seperti itu yaudah nanti saya akan datang langsung saja ke kantornya untuk mengambil hadiah, terus saya minta alamatnya saja. Terima kasih informasinya Mas." || "Baik, sama-sama mba. nanti saya kirimkan alamat sekaligus waktu pengambilan hadiahnya pada saat jam kerja kami." ucapnya mengakhiri telepon.

Baru saja aku menerima telepon kalau aku mendapatkan hadiah photo contest. aku memenangkan sebuah tiket perjalanan. Aku mengikuti acara photo contest tersebut pada bulan lalu, yang mana aku menampilkan bakat fotografi ku. kebetulan pada saat itu objek pengambilan gambarnya sebuah tempat wisata, yang pada akhirnya aku memenangkan tiket liburan.

Baik, perkenalkan namaku Afsheen Syaira. Panggil saja namaku Sheen. Aku memiliki hobi dibidang fotografi, selain itu aku mempunyai sebuah Coffee Shop yang aku beri nama Afs Coffee Shop. Lokasinya tidak jauh dari rumahku. Disana bukan hanya untuk tempat hangout, namun ada hasil karya fotografiku dan beberapa handicraft yang sengaja ku pajang dengan design menarik.

Esok harinya aku datang ketempat kantor aku memenangkan photo contest untuk mengambil hadiah tiket liburan, ternyata tujuan wisatanya lumayan menarik. terus aku juga memang belum pernah kesana sebelumnya. dan sekarang saatnya mempersiapkan keperluan untuk perjalanan seru ku kali ini.

Tiba di Bandara Internasional Minangkabau. Ini dia tempat destinasi ku untuk menikmati liburan gratis, berkat dari hobi ku. Sudah sampai di Padang, kita mau kemana dulu nih? Ayo ikuti destinasiku selanjutnya.

Aku berada di kota Padang sore hari. Lalu mengunjungi Wisata Jam Gadang, yang terletak di Bukittinggi. Ini merupakan destinasi pertama saat kita berada di Padang. Jarak yang ditempuh dari lokasi ku saat di bandara yaitu menempuh jarak sekitar 96 KM atau memerlukan waktu ± 2 Jam tergantung kondisi dalam perjalanan. Jam Gadang sering dikenal mirip dengan Big Ben yang ada di London. Untuk malam ini aku cukup mengunjungi jam gadang saja. Keesokan harinya baru aku melanjutkan perjalanan lagi, karena sekarang aku harus ketempat lokasi penginapan.

Pagi hari nya aku mengunjungi Lembah Harau yang berlokasi di Payakumbuh. Jarak yang ditempuh dari Bukittinggi tempatku menginap adalah ± 48 KM. Banyak wisatawan yang mengunjungi lembah ini dan tak jarang mereka menggunakan jasa tour guide agar tidak tersesat saat mengelilingi lokasi lembah ini. Selain itu di Lembah Harau tersebut kita bisa menikmati Water Fall (Air Terjun) nya. Air terjun yang berada disini diantaranya ada Air Terjun Sarasa Murai, Akar Berayun, Sarasa Bunta, dan Sarasa Luluih. To Be Information, dari masing-masing air terjun tersebut memiliki keunikannya sendiri.

Setelah menikmati pemandangan lembah harau dan air terjunnya aku lanjut ke destinasi berikutnya yaitu ke Kelok 9.

Seperti yang dinamakan, kelok 9 memiliki jalan yang berkelok. Di Sumatera barat khususnya jalan berkelok yang terkenal ini ada 2 yaitu: Kelok 44 dan yang satu lagi ini kelok 9. Kelok 9 memiliki sebuah kelok yang tak kalah ekstrim dengan kelok 44, kelok ini terdiri dari 9 tikungan zigzag yang lebih berbahaya dan curam. For your information, kelok 9 merupakan jalur jalan terjal lintas sumatera yang menghubungkan provinsi Sumatera Barat dengan Riau.

Google

Di Padang juga ada museum yang dinamakan dengan Museum Adityawarman. Museum ini dibangun pada tahun 1974 dan juga berfungsi sebagai tempat menyimpan serta melestarikan benda peninggalan bersejarah. Selain itu museum tersebut terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang seperti Pakaian Adat hingga Alat-Alat Musik tradisonal. Museum Adityawarman terletak di Pusat Kota Padang.

Lanjut perjalananku ke tempat pembuatan songket yang ada di Padang yaitu Pandai Sikek. Disini kalian tidak hanya bisa melihat proses pembuatannya saja, namun bisa membeli hasil tenunnya dengan harga yang terjangkau. Nah, wisata Pandai Sikek ini termasuk salah satu tempat destinasi yang terkenal di Padang.

Disini buat yang ingin berburu souvenir khas minang juga dapat mengunjungi Pasar Atas Bukittinggi. Sebelum aku mengakhiri destinasi aku selama di Padang ini aku mampir ke Pasar yang lokasinya dekat disekitar kawasan Jam Gadang. Tak terasa wisata liburanku sudah berakhir, saatnya pulang ke tempat tinggal aslinya. Banyak pengalaman perjalanan yang aku dapat selama beberapa hari di kota Padang ini, aku sangat menyukai destinasi yang berada di tempat tersebut. Tentunya dengan membawa oleh-oleh yang bisa menambah koleksi handicraft ku yang ada di Afs Coffee Shop.

Walaupun belum semuanya aku jelajahi, mungkin lain waktu aku akan berkunjung ke kota ini lagi.

Ini dia sekilas tempat Coffee Shop yang aku punya saat ini. Jadikan hobi mu itu sebagai passion untuk mencari peluang ide pekerjaan. Karena dengan kita mengembangkan potensi bakat yang kita punya, siapa tahu justru bisa menciptakan hal yang baru. Itulah cerita perjalanan tentang hobi dan wisataku, THE PHOTOGRAPH COFFEE SHOP. Rencananya aku akan membuka Coffee Shop baru dengan tempat yang lebih luas. Tujuannya supaya dilengkapi juga oleh koleksi buku bukan hanya galeri foto dan handicraft saja. Dengan begitu diharapkan para pengunjung lebih nyaman saat hangout di tempat Coffee Shop ku.