VOLUNTEER ASIAN GAMES 2018

Tahun ini menjadi tahun kedua bagi saya untuk ikut serta sebagai Volunteer. Namun ada sedikit saja yang berbeda, kalau tahun kemarin saya mengikuti kegiatan Parade Asean 50 untuk merayakan Ulang Tahun Negara Asean yang ke 50. Nah, kali ini saya coba mendaftar sebagai volunteer lagi untuk cabang pesta olahraga, bisa dibayangin kan bagaimana muda mudi Indonesia berjuang untuk memperoleh kemenangan di tingkat Asia dalam cabang Olahraga.

Photo Credit: breakingnews.co.id

Sedikit bercerita tentang pengalaman saya mendaftar sebagai Volunteer Asian Games, bermodalkan pengalaman saya ditahun lalu sebagai Volunteer Parade Asean 50. Saya memberanikan diri untuk ikut mendaftarkan diri lagi sebagai Calon Volunteer Asian Games. Lho kok kenapa mesti berani? Iya karena yang mendaftar itu bukan saya saja ataupun kerabat terdekat. Tapi ribuan yang mendaftar, ini melebihi seleksi CPNS kalau menurut saya. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika saya bisa lolos untuk ikut seleksi kegiatan positif tersebut.

Photo Credit: www.tourfrombali.com

Apa yang kalian ketahui saat mendengar kata 'Volunteer'? Seorang relawan yang bekerja tanpa dibayar atau lebih dikenal orang yang melakukan kegiatan sosial dengan sukarela (tanpa imbalan). Ya intinya kurang lebih memang seperti itu. Tapi  yang menjadi pertanyaan apa sampai disana saja maknanya? 


Photo Credit: www.rmolsumsel.com

Menurut saya, Volunteer memiliki makna yang lebih luas. Kita bekerja atau melakukan kegiatan bukan hanya untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk orang lain. Dengan menjadi Volunteer kita belajar bersosialisasi, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi nilai solidaritas, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin dijabarin satu per satu. Kalau menurut kamu sendiri gimana?


Photo Credit: www.tourfrombali.com

Meskipun pertandingan cabang olahraga, namun tidak selalu memiliki arti dari kosakata nya saja "Sports" (red: Olahraga). Tetapi kita harus benar-benar memaknai nya secara harafiah yakni sportif. Apa sih makna dari sportif? Kalau dilihat dari Kamus KBBI (Ciee searching di mbah gugle), Sportif memiliki makna yang artinya jujur. Yaps, jadilah penonton maupun pemain dalam perlombaan apapun yang jujur. Karena dari hal tersebut kita dapat mengakui kekurangan kita dan keunggulan lawan. Istilah kerennya menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Photo Credit: www.indosport.com

Kembali lagi ke headline news, jadi seperti ini para pembaca setia blog yang budiman. Saya sebelumnya mencoba daftar untuk berpartisipasi dari sekian ribu banyaknya peserta Volunteer, yang sampai pada akhirnya saya mendapatkan info untuk melakukan psikotest sebagai salah satu syarat menjadi Volunteer. Orang mengiranya seperti melamar pekerjaan, padahal tidak. Saya ikut psikotest untuk turut kontribusi dalam perhelatan akbar di Zona Asia.

Photo Credit: jakartaglobe.id

Setelah saya mendaftar beberapa bulan kemudian saya mendapatkan notifikasi email yang berisikan jadwal psikotest, tapi sayang seribu sayang saya tidak bisa hadir karena tanggal yang ditentukan sudah lewat. Pada saat itupun saya lagi kerja, naas memang. Sesuatu yang saya inginkan harus saya lepas begitu saja kepergiannya. Eitts.. tadi itu cuma sedikit drama romantika saya saja, sebelum pada akhirnya Tuhan memberi kesempatan pada saya untuk kedua kalinya. Setelah melewati lembah naga, gunung merapi, dan yang terakhir Puncak Everest. Honestly, saya berkesempatan untuk psikotest. Ini baru tahap psikotest lho ya. Mudah-mudahan sampai lolos menjadi Volunteer. Aamiin.

Photo Credit: Doc. Pribadi

Betapa senangnya hati ini saat tiba-tiba mendapat kabar baik, ternyata saya masih diizinkan untuk ikut psikotest. Memang Tuhan selalu mempersiapkan waktu yang tepat, semoga selanjutnya juga seperti itu. Jodoh misalnya. datang diwaktu yang tepat. (Mohon abaikan!)


Photo Credit: sports.okezone.com

Dan pada akhirnya saya tinggal mempersiapkan diri untuk melakukan psikotest nanti, mudah-mudahan ini menjadi modal awal saya untuk berkontribusi pada negeri tercinta. Karena dengan mendukung para Atlet Indonesia, itu sama halnya dengan ikut berpartisipasi dalam kemajuan bangsa. Baik, itu saja yang bisa saya bagikan ceritanya kali ini. Jangan pernah bosan ya untuk mampir di blog saya, dan ikuti juga perkembangan informasi terupdatenya. Gracias, Kamsahamnida, Hatur Nuhun.

Post a Comment

0 Comments