Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) Siap Menyelenggarakan Perhelatan Asian Games 2018

Hallo, pembaca setia blog. Selama beberapa pekan ini saya sudah jarang menulis lagi di blog. itu dikarenakan saya sedang mengikuti berbagai kegiatan seperti rangkaian test untuk event Asian Games dan aktifitas sehari-hari sebagai mahasiswi sekaligus pekerja. Baik, kali ini saya ingin memposting kegiatan saya selama mengikuti beberapa proses recruitment yang sampai pada akhirnya saya resmi menjadi Volunteer di Ajang Perhelatan Asian Games 2018. Nah, sebelum saya mendapatkan kesempatan terbaik ini saya telah melewati bermacam test-test seperti yang sudah dikatakan pada tulisan saya pada beberapa waktu yang lalu. Saya harus mengikuti interview, psikotest yang meliputi FGD (Forum Group Discussion), lalu ada yang namanya General Training, and last but not least saya ikut JST atau lebih dikenal dengan Job Spesific Training. Ini merupakan kesempatan langka buat saya. Why? Karena Asian Games merupakan salah satu event terbesar di dunia setelah event Olimpiade. Saya ataupun Indonesia mestinya berbangga karena bisa menyelenggarakan event olahraga kelas internasional.

Photo credit by: Youtube


Setelah mengikuti pelatihan selama 2 hari di Hotel Grand Mercure, Jakarta. Saya pun diberikan job desc yang akan saya kerjakan nantinya selama event Asian Games. Saya akhirnya terpilih sebagai volunteer untuk divisi Media and Public RelationsBy the way, MPR salah satu divisi yang memang saya inginkan. Mau tahu alasannya kenapa? Meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan perkuliahan saya, namun ini adalah passion saya yaitu bidang jurnalistik. Kalau bicara mengenai passionpassion saya itu buaanyaak. Mungkin terlihat hiperbola, tapi saya ini kan masih 17th yaa teman-teman (beberapa tahun yang lalu) jadi saya tuh ingin yang namanya mencoba berbagai macam pengalaman sebelum saya menjadi entrepreneur.

doc. pribadi

And finally saya mendapat venue dari cabang olahraga Equestrian. Saya sebelumnya tidak tahu apa itu Equestrian(?) ternyata olahraga berkuda. Nama yang bagus dan olahraga yang cukup menantang, tentu atlitnya pun tidak kalah berprestasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Ini dia foto saya dengan rekan-rekan saya untuk cabang olahraga Equestrian.


Photo credit by: suara.com

Tak perlu waktu lama, saya bersama rekan-rekan lainnya mengunjungi venue yang baru saja di renovasi. Bagaimana bagus kan? Ini acara yang dipersembahkan Indonesia untuk mendulang prestasi emas para atlet terbaik Indonesia. Ada 40 Cabang Olahraga yang dipertandingkan dan salah satunya Cabang Olahraga Berkuda ini. Cabang Olahraga Berkuda sendiri memiliki yang namanya 3 Dicipline yaitu Dressage (Tunggang Serasi), Jumping (Loncat Rintangan), dan yang terakhir Eventing (Trilomba). Ada 6 Medali Emas yang akan diperebutkan dalam Olahraga Berkuda tersebut.

doc. pribadi

Di dalam venue Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) sendiri terdiri dari 4 lantai bangunan yang begitu megah. Ada beberapa ruangan seperti yang dipaparkan oleh Venue Manager untuk stadion pacuan kuda yang berlokasi di Pulomas, Jakarta Timur. Tentunya ruangan  MPC (Media Press Conference), VIP, VVIP, Judging room, dan Timing Score telah disediakan dalam venue tersebut.

doc. pribadi

Nantinya juga akan ada kuda yang didatangkan dari Eropa. Ada sekitar kurang lebih 130 kuda yang disediakan untuk pertandingan, dan 100 ekor kuda diantaranya merupakan impor. Di dalam venue tidak hanya dibangun untuk para atlet atau penonton, namun juga seperti kandang kuda yang disediakan 2 lantai. Kuda mendapatkan perlakuan khusus karena ke sensitifannya, maka dibuat klinik dan asrama untuk perawat kuda.Dan untuk penonton, disediakan sekitar 990 seat. Kamu bisa membeli tiketnya ditempat yang sudah disediakan. Bagaimana kamu sudah siap mendukung atlet terbaik kita?

doc. pribadi

Suksesnya Asian Games 2018 ditentukan oleh animo masyarakat juga. Mari kita dukung serta sukseskan event olahraga ini. Terutama berikan dukungan pada para atlet yang berjuang untuk meraih medali emas. Ciptakan kesan positif dalam perhelatan akbar dengan membuat reputasi yang baik untuk bangsa Indonesia. Karena beberapa tahun yang akan datang tentunya kenangan ini menjadi sebuah cerita manis untuk anak cucu kita. Indonesia pernah menyelenggarakan event olahraga yang diikuti berbagai negara. Tidak hanya harum didalam negeri saja, namun di mata dunia. Semua mata tertuju pada Indonesia pada saat Asian Games 2018 digelar nanti. Akan ada banyak media lokal dan asing yang meliput. Jadikan Asian Games 2018 ini milik kita bersama, yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Dengan begitu akan menimbulkan rasa persatuan, kerjasama, serta bersinergi dalam mensukseskan Asian Games 2018. Sekian.

doc. pribadi

Post a Comment

0 Comments